KARAKTERISTIK PERGERAKAN MAHASISWA UNIVERSITAS LANCANG KUNING KOTA PEKANBARU

Authors

  • Jaswandi Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau
  • Puji Astuti Universitas Islam Riau
  • Rona Muliana Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau
  • Sri Kumayawati Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau

Keywords:

Bangkitan, Jarak, Moda, Tarikan, , Waktu

Abstract

Kota Pekanbaru merupakan salah satu pusat pendidikan yang ada di Provinsi Riau. Beberapa perguruan tinggi ternama di tingkat nasional terletak di kota ini. Salah satunya adalah Universitas Lancang Kuning. Universitas Lancang Kuning adalah salah satu perguruan tinggi yang berada di Pekanbaru, Provinsi Riau, Indonesia. Adapun tujuan penelitian yang dicapai dalam penelitian adalah mengidentifikasi karakterisitik pergerakan mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan melihat karakteristik pergerakan mahasiswa Universitas Lancang Kuning berdasarkan jarak, waktu, dan biaya yang digunakan mahasiswa dari tempat asal (rumah) ke tujuan (kampus). Jumlah biaya yang keluarkan oleh mahasiswa berdasarkan hasil analisis adalah 65101.5 Rp/Km dengan rata-rata biaya yang dikeluarkan pada setiap jarak yang dilewati mahasiswa adalah 1228.3 Rp/Km. Biaya transportasi per kilometer yang terbanyak dikeluarkan oleh mahasiswa Universitas Lancang Kuning berada di Jalan Damai Ujung dengan biaya transportasi sejumlah 4845 Rp/Km. Hal ini karena mahasiswa yang berada tinggal di jalan tersebut memiliki jarak tempuh dari asal ke tujuan dan begitu juga dari tujuan ke asal sebesar 38 Km yang menyebabkan banyaknya biaya transportasi yang dikeluarkan untuk melakukan pergerakan tersebut. Sedangkan biaya transportasi yang terkecil dikeluarkan oleh mahasiswa Universitas Lancang Kuning berada di Jalan Tewas IV dengan biaya transportasi sejumlah 459 Rp/Km.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Miro, Fidel. 2012. Pengantar Sistem Transportasi. Penerbit Erlangga. Jakarta..

Tamin, Ofyar Z. 2000. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Penerbit ITB. Bandung.

Dimyati, Tjutju dan Dimyati, Ahmad. 1987. Operations Research. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algensindo. Bandung.

Firdiyansyah, I. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warung Gubrak Kepri Mall Kota Batam. Jurnal Elektronik REKAMAN (Riset Bidang Ekonomi Manajemen dan Akuntansi). ISSN, 2598-8107.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Andi Offset. Pemasaran. Andi Offset. Yogyakarta.

Tarigan, Robinson. 2004. Perencanaan Pembangunan Wilayah. Bumi Aksara. Jakarta.

Muliana, Rona. 2013. Perilaku Pemilihan Lokasi Tempat Tinggal dan Karakteristik Perjalanan Mahasiswa di Kota Bandung. Tesis. Program Magister Perencanaan Wilayah dan Kota. Institut Teknologi Bandung. Bandung.

Astuti, Puj. 2004. Studi pola Pergerakan Mengkonsumsi Fasilitas Sosial di Kawasan Pinggiran Kota Pekanbaru. Tesis. Program Magister Perencanaan Wilayah dan Kota, Institut Teknologi Bandun., Bandung,

unilak.ac.id

Raco, J. R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. PT.Grasindo Majda. Jakarta.

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Jaswandi, Puji Astuti, Muliana, R., & Kumayawati, S. (2023). KARAKTERISTIK PERGERAKAN MAHASISWA UNIVERSITAS LANCANG KUNING KOTA PEKANBARU. Journal of Urban Regional Planning and Sustainable Environment, 2(01). Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/JURPS/article/view/15158