PENGARUH RELIGIUSITAS MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM RIAU TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BANK SYARIAH

  • Mufti Hasan Alfani Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau
  • Rifa Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau
Keywords: Religiusitas, Keputusan Menabung, Bank Syariah

Abstract

Penelitian ini keputusan menabung di Bank Syariah yang dipengaruhi  religiusitas mahasiswa Universitas Islam Riau. Salah satunya dapat dilihat dari pengetahuan dan keyakinan tentang Bank Syariah. Banyak yang mengartikan bahwa konsep Bank Syariah dengan Bank Konvensional sama. Padahal hal tersebut merupakan dua hal yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh religiusitas mahasiswa terhadap keputusan menabung di Bank Syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan jumlah sampel 267 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada responden. Sedangkan, data sekunder diperoleh dari jurnal, buku-buku yang berkaitan dengan judul penelitian ini. Serta, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan uji T (Parsial) dan uji Koefisien Determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan terhadap keputusan menabung di Bank Syariah. Dengan memperoleh hasil T-hitung (15,66) > T-tabel (1,97), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.  Serta dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh signifikan variabel religiusitas (X) terhadap keputusan menabung (Y) secara parsial. Sedangkan, hasil uji koefisien determinasi menunjukkan sebesar 48,1%. Ini berarti bahwa religiusitas mempengaruhi keputusan menabung di Bank Syariah sebesar 48,1%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, J. 2020. Religiusitas, Refleksi Dan Subjektivitas Keagamaan. CV. Budi Utama. Jakarta.

Ancok, D., & Suroso, F. N. 2011. Psikologi Islami Cetakan ke-8. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Andrianto., & Firmansyah, M., 2019. Manajemen Bank Syariah. Qiara Media. Surabaya.

Ascarya. 2008. Akad dan Produk Bank Syariah. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Fathurrohman, Ahmad. 2019. Pengaruh Religiusitas Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Bank BNI Syariah Kota Bekasi). Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Fauzi, A., & Murniawaty, I. 2020. Pengaruh Religiusitas Dan Literasi Keuangan Syariah Mahasiswa Terhadap Minat Menjadi Nasabah di Bank Syariah, Economic Education Analysis Journal, 9(2), p. 473-486.

Ismail. 2011. Perbankan Syariah. Kencana. Jakarta.

Kotler, P., & Amstrong, G. 2001. Manajemen Pemasaran, Edisi keduabelas Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Kuncoro, M. 2007. Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis dan Ekonomi. STIM YKPM. Yogyakarta.

Marinim, A., Romdhoni, A. H., & Fitria, T. N., 2015. Perkembangan Bank Syariah di Indonesia, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1(2), p. 75-87.

Mu'in, Abdul. 2016. Studi Analisis Religiusitas Mahasiswa FE UNY yang Menabung di Bank Syariah. Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Nasrudin, J. 2020. Refleksi Keberagamaan dalam Sistem Pengobatan Tradisional Masyarakat Pedesaan. PT. Rajagrafindo Persada. Depok.

Nurjaenah. 2019. Pengaruh Religiusitas, Keluarga, Teman dan Status Sosial Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Poduk Tabungan Bank Syariah. Skripsi, Fakultas Ekonomi Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo, Palopo.

Rusdarti & Kusmuriyanto. 2008. Ekonomi Fenomena Disekitar Kita. PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, Surakarta.

Sugiyono. 2012. Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Sunyoto, D., 2014. Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. CAPS (Center Of Academic Publishing Servce). Yogyakarta.

Suwiknyo, D. 2010. Analisis Laporan Keuangan Perbankan Syariah. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Wardani, P. D., & Susanti. 2019. Pengaruh Kontrol Diri, Religiusitas, Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan Terhadap Perilaku Menabung Di Bank Syariah Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 07(02), p. 189-196.

Yuliani, M., & Meliza, D. 2019. Partisipasi Mahasiswa Perbankan Syariah Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS) Untuk Menabung di Bank Syariah Teluk Kuantan. Jurnal Tabarru' : Islamic Banking and Finance, 2(2), p. 50-59.

Zakariah, M. A., & Vivi, A. 2021. Analisis Statistik Dengan SPSS Untuk Penelitian Kuantitatif. Yayasan Pondok Pesantren Al-Mawaddah Warrahmah, Kolaka.

Published
2022-02-17
Abstract viewed = 151 times
PDF downloaded = 296 times