FACTORS INFLUENCING CUSTOMER SAVING BEHAVIOR AT BANKALTIMTARA SYARIAH SAMARINDA

Authors

  • Swadia Gandhi Mahardika Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman
  • Akbar Lufi Zulfikar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman
  • Rinna Ramadhan AF Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2023.vol6(2).15164

Keywords:

Budaya, Sosial, Peribadi, Penghematan Psikologis, Keputusan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh faktor budaya nasabah terhadap keputusan menabung di Bankaltimtara Syariah Samarinda, menjelaskan pengaruh faktor sosial nasabah terhadap keputusan menabung di Bankaltimtara Syariah Samarinda, menjelaskan pengaruh faktor pribadi nasabah terhadap keputusan menabung di Bankaltimtara Syariah Samarinda, untuk menjelaskan pengaruh faktor psikologis nasabah terhadap keputusan menabung di Bankaltimtara Syariah Samarinda dan untuk mengkaji kualitas layanan perbankan syariah dalam perspektif Islam.  Adapun yang menjadi problem dari penelitian ini yaitu kurangnya antusias masyarakat untuk menabung, padahal Bankaltimtara Syariah Samarinda memiliki kualitas pelayanan dan produk yang sangat bagus. Hasil penelitian menunjukkan uji ANOVA atau uji F menunjukkan F hitung lebih besar dari F tabel. Artinya secara simultan variabel Budaya (X1), Sosial (X2), Pribadi (X3), dan Psikologis (X4) berpengaruh terhadap Keputusan Menabung di Bankaltimtara Syariah Samarinda dan Budaya (X1), Sosial (X2), Pribadi (X3) dan Faktor Psikologis (X4) pada Bank Syariah dalam hal ini Bankaltimtara Syariah Samarinda adalah sesuai dengan syariah Islam, dan faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan menabung pada Bankaltimtaratara Syariah Samarinda adalah Faktor Budaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ancok, Djamaludin dan Suroso, Fuat Nashori. 2008. Psikologi Islam : Solusi atas Problem-Problem Psikologi. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Andespa, Roni. 2017. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah dalam Menabung di Bank Syariah. Al-Masraf : Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan, 2(1), p. 43-57.

Antonio, Muhammad Syafi’i. 2016. Bank Syariah dari Teori ke Praktik. Gema Insani. Jakarta.

Dianto, Suwarna. 2016. Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Minat Masyarakat untuk Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Empiris pada Masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Dwi Adiyanti, Ni Made. 2005. Analisis Faktor-Faktor Perilaku Konsumen yang Mempengaruhi Keputusan Remaja Putri dalam Membeli Aksesoris di Kota Denpasar. Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Hidayati, Nurul Lia. 2011. Pengaruh faktor Kebudayaan dan Faktor Sosial terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Ritel Modern (Studi pada Pengunjung Alfamart di Kelurahan Ngaglik Kota Batu). Diploma Thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang.

Kotler, Philip. 2004. Marketing Management. Prentice Hall, Inc. New Jersey.

Kusumo, Yunanto Adi. 2008. Analisis Kinerja Keuangan Bank Syariah Mandiri Periode 2002-2007 (dengan Pendekatan PBI N0. 9/1/PBI/2007). La_Riba Jurnal Ekonomi Islam, 2(1), p. 109-131.

Latifah, Nur. 2016. Pengaruh Penguasaan Materi Pendidikan Agama Islam dan Hasil Kegiatan Mentoring Agama Islam terhadap Perilaku Sosial Keagamaan Mahasiswa. Master Tesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi XI. Salemba Empat. Jakarta.

Malaihollo, Jonathan. 2007. Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Membeli Produk Air Minum dalam Kemasan. Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Indonesia.

Rahmawati, Anita. 2014. Pengaruh Persepsi tentang Bank Syariah terhadap Minat Menggunakan Produk di BNI Syariah Semarang. ADDIN, 8(1), p. 1-28.

Rizki, Zelin Afika. 2015. Faktor-Faktor yang Berpengaruh pada Preferensi untuk Memilih Perbankan Syariah. Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Saif, Naveed., Razzaq, Nasir., Amad, Muhammad., & Gul, Sajid. 2012. Factors Affecting Consumers’ Choice of Mobile Phone Selection in Pakistan. European Journal of Business and Management,4(12), p. 16-26.

Wijaya, Firman Arif. 2007. Pengaruh Faktor Pribadi Terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Sepeda Motor Merek Suzuki. Diploma Thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang.

Yolla, Vilanti Utami. 2012. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Bedak Padat Merek Pixy Pada Konsumen Wanita di Pekanbaru. Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Riau.

Zulfikar, Akbar Lufi., & Mahardika, Swadia Gandhi. 2023. Sosialisasi Ekonomi Pembangunan di SMA Negeri 3 Samarinda. Jurnal Pendidikan Masyarakatan : DIKMAS, 3(2), p. 239-244.

Downloads

Published

2023-11-30