ANALISIS KOMPARATIF RISIKO KEUANGAN PADA PERBANKAN SYARIAH DI NEGARA INDONESIA, BRUNEI DARUSSALAM DAN MALAYSIA

Authors

  • Nur Islamiyah Imron Program Studi Magister Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim
  • Siswanto Program Studi Magister Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Ahmad Jalaluddin Program Studi Magister Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2023.vol6(1).11141

Keywords:

Resiko Pembiayaan, Resiko Likuiditas, Resiko Pasar, Resiko Operasional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan resiko keuangan yang dihadapi oleh perbankan syariah di negara Indonesia, Brunei Darussalam, dan Malaysia. Populasi penelitian ini adalah seluruh bank syariah yang terdapat di negara Indonesia, Brunei Darussalam, dan Malaysia. Sedangkan metode pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Metode penelitian ini adalah uji statistik Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara resiko keuangan perbankan syariah di negara Indonesia, Brunei Darussalam dan Malaysia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azzahroh, Mujahidah., Hidayat, Raden Rustam., & Sulasmiyati, Sri. 2016. Analisis Komparatif Kinerja Keuangan Bank Umum Di Indonesia Dan Malaysia (Studi pada 3 Bank Umum terbesar di Indonesia dan Malaysia tahun 2010-2014). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 35(2), p. 65-71.

Fahmi, Irham. 2011. Manajemen Resiko Teori, Kasus, dan Solusi. Alfabeta. Bandung.

Fahmi, Irham. 2014. Pengantar Perbankan Teori & Aplikasi. Alfabeta. Bandung.

Greuning, Hennie Van., & Bratonavic, Sonja Brajovic. 2011. Analyzing Banking Risk, Terjemahan M. Ramdhan Andi. Analisis Risiko Perbankan. Edisi Ketiga. Selemba Empat. Jakarta.

Karini, Adyagunita., & Filianti, Dian. 2018. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Syariah di Indonesia, Malaysia, Brunei Dan Thailand Periode 2011-2016. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 5(10), p. 831-843.

Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Lestari, Pipin. 2020. Analisis Komparatif Kinerja Keuangan Perbankan Syariah di Indonesia dan Malaysia Dengan Pendekatan Metode CAMEL Periode 2014-2018. Jurnal Masharif al-Syariah : Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 5(2), p. 175-193.

Lizein, Baandaalr. 2020. Analisis Perbandingan Tingkat Kesehatan Bank Syariah Mandiri Dan CIMB Islamic Bank Berhad Dengan Menggunakan Metode RGEC. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Machmud, Amir., & Rukmana, H. 2010. Bank Syariah Teori, Kebijakan dan Studi Empiris di Indonesia. Erlangga. Jakarta.

Muhammad. 2015. Manajemen Dana Bank Syariah, Edisi Kedua. Rajawali Pers. Jakarta.

Prasetyandari, Cici Widya. 2016. Analisis Komparatif Risiko Pada Bank Konvensional Dan Bank Syariah di Indonesia. Skripsi, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember.

Prasetyandari, Cici Widya., & Billah, Zahida I’tisoma. 2021. Comparative Study of Credit Risk, Liquidity Risk, and Market Risk in Banking in Indonesia, Malaysia, and Thailand. Journal of Islamic Economics Lariba, 7(2), p. 125-133.

Rivai, Veitzhai., & Arifin, Arviyan. 2010. Islamic Bankking Sistem Bank Islam Bukan Hanya Solusi Menghadapi Krisis Namun Solusi dalam Menghadapi Berbagai Persoalan Perbankan dan Ekonomi Global, Sebuah Teori, Konsep dan Aplikasi. Bumi Aksara. Jakarta.

Sulhan, M., & Siswanto, Ely. 2008. Manajemen Bank : Konvensional Dan Syariah. UIN-Malang press. Malang

Wahyuni, Anggun., & Sukirno. 2016. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perbankan Asean (Studi Pada Bank Umum Indonesia, Thailand Dan Filipina. Jurnal Nominal, 5(2), p. 1-15.

Wardiah, Mia Lasmi. 2013. Dasar-Dasar Perbankan. CV. Pusaka Setia. Bandung.

Wibowo, Susanto., & Limajatini. 2016. Identifikasi Kinerja Keuangan Perbankan Terbaik di Asean (Studi Komparatif: Indonesia, Thailand, Philipine). Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers Unisbank (SENDI_U).

Wulandari, Dwi Ayu. 2015. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Dengan Pendekatan RGEC Di Negara ASEAN (Studi Pada Bank Umum Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Singapura Tahun 2010-2014), Jurnal Ilmiah Universitas Brawijaya, 4(1), p. 1-14.

Downloads

Published

2023-04-12