ANALISIS PERAN INTERNSHIP TERHADAP PENJUALAN PRODUK PROHAJJ PADA BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG KOTA BANJARMASIN

Authors

  • Firdha Mulia Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Ikhwatun Hasanah Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Elman Nafidzi Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2023.vol6(2).15906

Keywords:

Prohajj, Internship, Bank Muamalat Indonesia

Abstract

Penelitian ini menganalisi tentang peran internship terhadap penjualan produk Prohajj di Bank Muamalat Indonesia Cabang Kota Banjarmasin. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya kenaikan signifikan dalam penjualan produk Prohajj di Bank Muamalat Cabang Banjarmasin saat adanya kegiatan internship. Yang dilatarbelakangi juga dengan data yang di dapat dari Bank Muamalat Cabang Banjarmasin. Penelitian ini adaalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Subjek penelitian alam penelitian ini adalah Branch Manager, serta 2 orang Relationship Manager di Bank Muamalat Indonesia Cabang Kota Banjarmasin. Dengan objek penelitian dalam penelitian ini adalah produk Prohajj pada Bank Muamalat Cabang Banjarmasin. Teknik pengumpulan datanya dengan wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Kemudian teknik analisis datanya menggunakan Data Collection, Data Reduction, dan Data Display. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa internship berperan penting di Bank Muamalat Indonesia Cabang Banjarmasin dapat dilihat dari hasil wawancara terhadap para karyawan bank tersebut yang telah penulis laksanakan. Dimana para karyawan tersebut menyebutkan dengan adanya internship ini membuat kinerja mereka menjadi lebih maksimal dan terbantu dalam administratif nasabah juga dalam kepengurusan berkas. Untuk Prohajj sendiri juga terjadi penjualan produk yang sangat signifikan pada bulan terlaksananya internship di Bank Muamalat Indonesia Cabang Banjarmasin yaitu pada Agustus 2022 sampai September 2022.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Lapangan (Magang) Terhadap Kepercayaan Diri Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Jurnal Penjaskesrek, 6(2), p. 211-221.

Abdussamad, H. Zuchri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press. Makassar.

Budiono, Alvin. 2023. Strategi Bank Muamalat Kc Banjarmasin Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pada Nasabah Tabungan IB Hijrah Haji Di Kota Banjarmasin. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin.

Firmansyah, Muhammad., Masrun., & Yuda S. I. Dewa Ketut. 2021. Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif. ELASTISITAS Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), p. 156-159.

Fitriyaningsih, Nur., Nusantoro, Jawoto., & Kurniawan, Angga. 2021. Analisis Keputusan Pembiayaan Talangan Haji Pada Nasabah di PT. BPRS Metro Madani. Jurnal Akutansi AKTIVA, 2(2), p. 243-249.

Janna, Solikha Miftakhul. 2018. Analisis Pangsa Pasar Dalam Mengembangkan Produktivitas Dana Talangan Haji (Studi Kasus : KPPS Mitra Usaha Ideal Bungah Gresik). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Lutfia, Dinar Dinasty Lutfia., & Rahadi, Dedi Rianto. 2020. Analisis Internship Bagi Peningkatan Kompetensi Mahasiswa. JIMKES : Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), p. 199-204,

Nugraheni, Dian., & Wijaya, Lina Sinatra 2017. Pelaksanaan Program Internship Dalam Upaya Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan (Studi Kasus : Fakultas Teknologi Informasi-Universitas Kristen Satya Wacana). Jurnal SCRIPTURA : Jurnal Ilmiah Komunikasi, 7(2), p. 47-56.

Pane, Siddik Bonar., & Rokan, Mustapa Kamal. 2022. Strategi Pemasaran Pembiayaan Program Haji (PROHAJJ) dengan akad Wakalah Bil Ujrah Wal Qard pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Rantau Prapat. Jurnal EMAK (Ekonomi Managemen Akutansi dan Keuangan), 3(3), p. 749-756.

Raharjo, Slamet. 1989. Magang Sebagai Salah Satu Sistem Belajar Asli, Bagaimana Aspek-Aspeknya Bekerja. S3 Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Rahmi, Yudia. 2021. Implementasi Rekstukturisasi Sebagai Upaya Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Produk KPR iB Muamalat (PT Bank Muamalat Indonesia Cabang Banjarmasin). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin.

Raira, Rhendra. 2018. Pengaruh Kegiatan Program Magang Siswa Terhadap Kinerja Pegawai PNS Sebelum dan Sesudah Magang di Sekretariat Daerah Kantor Pemda Kabupaten Muara Enim. Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Sa'diah, Syarifah Halimatus. 2022. Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Nasabah Haji (studi kasus di PT. Bank Muamalat Indonesia tbk Cabang Banjarmasin). Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin.

Sanjayawati, Hilda., Muar, Muhammad Romli., Syahfitri, Andriati Azizah., & Azizah, Yeny Nur. 2022. Analisis Persepsi Masyarakat Terhadap Minat Produk Prohajj Dalam Hukum Islam. Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis, 5(1), p. 77-84.

Siagian, Yeni Aulia., & Hasibuan, Reni Ria Armayani. 2022. Strategi Pemasaran dan Upaya Menarik Minat Nasabah pada Produk PROHAJJ di PT. Bank Muamalat Indonesia KCU Padangsidimpuan. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi, dan Manajemen (JIKEM), 2(1), p. 275-286.

Downloads

Published

2023-11-30