STRATEGI PENINGKATAN KEPUASAN DONATUR TERHADAP PERTAMBAHAN DANA ZIS DI LAZNAS NURUL HAYAT SIDOARJO

Authors

  • Faizah Nurdian Ardi Fakultas Keislaman, Universitas Trunojoyo Madura
  • Dony Burhan Noor Hasan Fakultas Keislaman, Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2023.vol6(2).14502

Keywords:

Kepuasan, LAZNAS, Dana ZIS

Abstract

Tingginya potensi zakat di Indonesia telah mendorong kompetisi di berbagai lembaga amil zakat untuk mendapatkan kepercayaan muzakki guna mengalirkan sumbangan mereka. Selain itu, menjaga hubungan baik dengan donatur yang loyal juga menjadi hal penting. Salah satu lembaga amil zakat yang turut bersaing dalam menyalurkan zakat para muzakki adalah Lembaga Amil Zakat (LAZNAS) Nurul Hayat Cabang Sidoarjo yang berada di Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara secara mendalam mengenai permasalahan yang akan diteliti. Dalam hal ini sumber data yang digunakan peneliti adalah data primer dan data sekunderHasil dari LAZNAS Nurul Hayat Sidoarjo peningkatan ZIS selalu berada dalam pelayanan yang bagus dengan membawa hasil kepada rasa puasnya para donatur yang akhirnya menjadi loyal. Berdasarkan hasil wawancara dengan para donatur tetap LAZNAS Nurul Hayat Sidoarjo, dapat disimpulkan donatur memilih mendukung LAZNAS Nurul Hayat Sidoarjo karena dianggap terpercaya, melakukan audit rutin, dan membiayai pegawai melalui usaha mandiri tanpa memotong donasi. Dapat disimpulkan bahwa LAZNAS Nurul Hayat Sidoarjo menggunakan 5 indikator keberhasilan yakni, tangible, responsivess, reliability, assurance, empathy. Strategi yang dinilai paling efektif dalam meningkatkan kepuasan donatur terhadap pertambahan dana ZIS yakni transparansi, pelayanan yang baik, kesadaran atas kebutuhan donatur, dan keterlibatan aktif donatur dalam program-program lembaga merupakan faktor utama yang mempengaruhi kepuasan donatur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, Ahmad Sudirman. 2017. Zakat : Ketentuan dan Pengelolaannya. CV. Anugrah Berkah Sentosa. Bogor

Almasuddini, Hajar. 2019. Strategi Penghimpunan Zakat di Yayasan Nurul Hayat Surabaya. Skripsi, Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Amrulloh, Yuzakky., & Dahruji. 2023. Pengaruh Harga, Label Halal Dan Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Produk Bakso Aci Taubat Food. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(2), p. 682-697.

Aras P, Muh., Mappamiring., & Umar, M. Amin. 2022. Pengelolaan Zakat Di Badang Amil Zakat Nasional Kabupaten Mamuju. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), 3(4), p. 1077-1087.

Arifudin, Opan,. Tanjung, Rahman., & Sofyan, Yayan. 2021. Manajemen Strategik Teori Dan Implementasi. Pena Persada. Jawa Tengah.

AS, Rike Apriliani,. Aji, Pramuko., & Budiwati, Sari Dewi. 2022. Aplikasi Penggalangan Dana Donasi Bencana Alam Berbasis Web (Modul Donatur). eProceedings of Applied Science, 8(5), p. 624-630.

Fuertes, Guillermo., Alfaro, Miguel., Vargas, Manuel., Gutierrez, Sebastian., Ternero, Rrodrigo., & Sabattin, Jorge. 2020. Conceptual Framework for the Strategic Management : A Literature Review-Descriptive. Journal of Engineering, p. 1–21.

Gultom, Dedek Kurniawan., Arif, Muhammad., & Fahmi, Muhammad. 2020. Determinasi Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepercayaan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), p. 171-180.

Irma, Ade., & Saputra, Hendra. 2020. Pengaruh Tangible Dan Responsiveness Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Garuda Plaza Hotel. NIAGAWAN, 9(3), p. 164-171.

Jalaludin, Jojo. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt Bina Sejahtera Bangun Persada Serang Banten. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(2), p. 40-48

Marande, Yunruth. 2020. Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Gebangrejo Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso. Jurnal Ilmiah Administratie, 8(1), p. 33-39.

Mubarok, Iqbal Syauqi. 2023. Donasikita : Sistem Informasi Transparansi Donasi. Skripsi, Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia.

Nuzula, Jannatul Firdausi. 2019. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Muzakki Menyalurkan Zakat Profesi Melalui BAZNAS Provinsi Jawa Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 7(2), p. 1-17.

Putra, Cahya Gilang Ananda Kresna., Fatimah, Dinda Putri., & Nugraha, Rizki Nurul. 2023. Pengaruh Kualitas Pelayanan Front Office Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pengelolaan Hotel Horison Bekasi. Daya Saing : Jurnal Ilmu Manajemen, 9(1), p. 92-104.

Riani, Ni Ketut. 2021. Strategi Peningkatan Pelayanan Publik. JIP : Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), p. 2443-2452.

Safani, Ria Meta., & Hasan, Dony Burhan Nor. 2022. Analisis Strategi Pengembangan Eduwisata Cakra Suramadu dalam Tinjauan Ekonomi Islam. JIEFeS Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 3(2), p. 141-156.

Saragih, Sriayu Wulandari Br. 2021. Faktor-Faktor E-Service Quality Yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah Pengguna Internet Banking (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri KCP Marelan). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Setiawan, Aji,. Qomariah, Nurul,. & Hermawan, Haris. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia, 9(2), p. 114-126.

Downloads

Published

2023-11-30