Adversity Quotient dengan Kecemasan dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Penulis

  • Ulfah Rasyidin Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia.
  • Jasmadi Jasmadi Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia.
  • Rawdhah Binti Yasa Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.25299/jicop.v3i1s.12365

Kata Kunci:

Adversity Quotient, Kecemasan dalam menyelesaikan skripsi

Abstrak

Salah satu penentu bagi individu agar dinyatakan berhasil menempuh pendidikan di perguruan tinggi adalah dengan menyelesaikan tugas akhir berupa skripsi. Namun dalam usaha mengerjakan skripsi mahasiswa sering dihadapkan dengan berbagai masalah, antara lain masalah kecemasan. Salah satu penyebab mahasiswa mengalami kecemasan dalam menyelesaikan skripsi adalah karena rendahnya daya juang yang dimiliki. Ukuran daya juang dalam istilah psikologi disebut dengan adversity quotient. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui hubungan antara adversity quotient dengan kecemasan dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan subjek yang diteliti sebanyak 313 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara adversity quotient dengan kecemasan dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, dengan koefisien korelasi sebesar -0,629, dengan nilai p = 0,000 (p<0,05). Artinya, semakin tinggi adversity quotient, maka semakin rendah kecemasan dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alwisol. (2006). Psikologi Kepribadian (Edisi Revisi). UUM Press.

Azhari, T. Riki. (2016). Hubungan regulasi diri dengan kecemasan menghadapi dunia kerja pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Syiah Kuala. Skripsi. Prodi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

Calhoun, J. F, & Acocella, J. R. (1990). Psychology of Adjustment and Human Relationship. New York; McGraw-Hill.

Fitriany, Rany. (2008). Hubungan Adversity Quotient dengan Kemandirian pada Mahasiswa Perantauan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Diunduh dari file:///C:/Users/User/Downloads/Documents/adversity%20quotion%20dan%20kecemasan/RANY%20FITRIANY-PSI.pdf

Nevid, J.S., Rathus, S.A., Greene, B. (2003). Psikologi Abnormal. Jakarta: Erlangga.

Puspitasari, R.T. (2013). Self Consept dengan Adversity Quotient pada kepala keluarga difabel tuna daksa. Jurnal Psikologi. Vol. 01 No. 01.

Rachmady, T M Noor. (2017). Hubungan antara adversity quotient dengan kecemasan menghadapi dunia kerja pada fresh graduate Universitas Syiah Kuala. Skripsi. Prodi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

Stoltz, P.G. (2000). Adversity Quotient, mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: Grasindo.

Utami, Hardjono, dan Karyanta. (2014). Hubungan antara Optimisme dengan Adversity Quotient pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Uns yang Mengerjakan Skripsi. Jurnal Ilmiah Candrajiwa. Volume 2, nomor 5.

Yudha, A.K. (2013). Hubungan Kecemasan Menghadapi Skripsi dengan Penggunaan Media Online: Facebook pada mahasiswa Keperawatan S1 di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Naskah Publikasi.

Diterbitkan

2023-02-28

Cara Mengutip

Rasyidin, U., Jasmadi, J., & Yasa, R. B. (2023). Adversity Quotient dengan Kecemasan dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Journal of Islamic and Contemporary Psychology, 3(1s), 243–249. https://doi.org/10.25299/jicop.v3i1s.12365