Efektivitas Psikoedukasi dalam Peningkatan Pengetahuan tentang Bullying pada Remaja

Penulis

  • Renita Uki Irwanti Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Kalimat Timur, Indonesia.
  • Aniq Hudiyah Bil Haq Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Kalimat Timur, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.25299/jicop.v3i1s.12362

Kata Kunci:

perundungan, siswa SMP, psikoedukasi

Abstrak

Anak berkebutuhan khusus (ABK) merupakan anak yang memiliki perbedaan dengan anak normal pada umumnya karena adanya hambatan sehingga rentan mengalami perundungan karena memiliki cara komunikasi dan perilaku yang berbeda. Berdasarkan data awal yang berasal dari hasil observasi di salah satu sekolah di Samarinda ditemukan adanya 3 laporan kasus perundungan yang berkaitan dengan anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas psikoedukasi mengenai perundungan pada siswa SMP. Psikoedukasi diharapkan dapat menjadi intervensi untuk meningkatkan pengetahuan siswa mengenai perilaku perundungan. Psikoedukasi dilakukan secara tatap muka di kelas. Materi yang diberikan meliputi jenis-jenis perilaku perundungan, dampak negatif perundungan, peran, dan strategi perundungan serta hal yang perlu dilakukan ketika melihat perundungan. Psikoedukasi diberikan kepada 28 orang siswa yang termasuk dalam satu rombongan belajar. Hasil analisis yang dilakukan menggunakan Uji Wilcoxon menunjukkan bahwa terjadi peningkatan signifikan pada skor sebelum dan sesudah psikoedukasi dilakukan. Hal tersebut menunjukkan bahwa psikoedukasi cukup efektif dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai perundungan (bullying).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aji, dkk. (2022). Psikologi Klinis. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.
Al Wafi, S. R. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling Dalam Mencegah dan Menangani Bullying Pada Kalangan Peserta Didik Di SMA Boarding School Putra Harapan Purwokerto. In B. '. 20, The World Of Counselor (pp. 354-364). Anagraf Indonesia.
Amin, & Sumendap, L. Y. (2022). 164 Model Pembelajaran Kontemporer. Bekasi: LPPM Universitas Islam 45 Bekasi.
Astuti, I. (2011). Kepemimpinan Pembelajaran Sekolah Inklusi. Malang: Bayumedia Publishing.
Dapa, N. A., & Tuerah, R. M. (2021). Manajemen Sekolah Inklusi. Yogyakarta: Deepublish.
Direktorat Sekolah Dasar. (2021). STOP Perundungan/Bullying Yuk! Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar.
Isnawati, R. (2020). Pentingnya Problem Solving Bagi Seorang Remaja. Surabaya: Jakad Media Publishing.
Iswan, A. H., & Royanto, L. R. (2019). Intervensi Perilaku Perundungan pada Siswa Sekolah Dasar sebagai Pelaku. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, (9)2, 122-134.
Jahja, Yudrik. (2015). Psikologi Perkembangan. Kencana: Jakarta.
Midgett, A., Doumas, D. M., & Jhonston, A. D. (2017). Establishing School Counselors as Leaders in Bullying Curriculum Delivery: Evaluation of a Brief, School-Wide Bystander Intervention. Professional School Counseling, 21(1), 1-9. doi: 10.1177/2156759X18778781.
Ni'Matuzahroh. (2019). Aplikasi Psikologi di Sekolah: Teori dan Praktik dalam Memahami Masalah-Masalah di Sekolah. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Pratisti, W., & Yuwono, S. (2018). Psikologi EKsperimen: Konsep, Teori, Aplikasi. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Purba, R. M., & Mangunsong, F. (2010). Program SERASI (Sekolah Ramah Inklusi) Dalam Meningkatkan Pengetahuan Saksi Sebaya (Peer Bystander) Tentang Disabilitas dan Perundungan (Bullying). INQUIRY Jurnal Ilmiah Psikologi, (11)2, 1-15.
Sapitri, W. A. (2020). Cegah dan Stop Bullying Sejak Dini. Semarang: Guepedia.
Seprianto, E. (2022). Understanding The Bully Verse in The Al-Qur’an with a Psychological Approach. Takwil: Journal of Quran and Hadith Studies (1)1, 73-78.
Sulthon. (2020). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Depok: Raja Grafindo Persada.

Diterbitkan

2023-02-28

Cara Mengutip

Irwanti, R. U., & Haq, A. H. B. (2023). Efektivitas Psikoedukasi dalam Peningkatan Pengetahuan tentang Bullying pada Remaja. Journal of Islamic and Contemporary Psychology, 3(1s), 214–220. https://doi.org/10.25299/jicop.v3i1s.12362