Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SDN 023 Pandau Jaya Kabupaten Kampar

Authors

  • Deffi Ramadhani SD Negeri 23 Pandau Jaya
  • Siti Quratul Ain Universitas Islam Riau

Keywords:

Otoriter, Permisif, Demokratis, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak hubungan perhatian orang tua terhadap minat belajar siswa kelas V SDN 023 Pandau Jaya Kabupaten Kampar. Metode penelitian yaitu kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 87 siswa kelas V dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Jadi sampel sebanyak 87 siswa terdiri dari 46 anak laki-laki dan 41 anak perempuan. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan diolah menggunakan uji korelasi dengan bantuan SPSS Versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap minat belajar siswa kelas V SDN 023 Pandau Jaya Kabupaten Kampar, sebagaimana total hubungannya yakni sebesar 20,6% dengan hubungannya bersifat positif. Artinya semakin baik perhatian orang tua terhadap siswa akan memiliki hubungan yang semakin baiknya minat belajar siswa dalam belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achru.A. 2019. Pengembangan Minat Belajar dalam Pembelajaran. Jurnal Idaarah, 3(2).

Amaliyah, A dan Rahmat, A. 2021. Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan, Journal of Elementaru Education, 5(1).

Badrudin. 2020. Strategi Pelaksanaan Pendidikan Agama pada Anak dalam Keluarga. Jurnal Penelitian Sosial dan Keahamaan. Vol. 10 No. 2.

Hasbi. M. 2020. Membangun Tanggung Jawab Anak. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hidayat. R dan Abdillah, 2019. Ilmu Pendidikan Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan: LPPI.

Jaelani. J, Nova Asvio. 2019. Evaluasi Program Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Artikel Ilmiah. Dalam (https://jurnal.univpgri-palembang. ac.id/index.php/Prosidingpps/index)

Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2018. Peneltian Pendidikan Matematika. Bandung:Refika Aditama.

Lumbantobing.P.A, Limbong, W.S.B, Farida. N dan Maida, P.N. 2022. Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Minat Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Ranto Dior. Jurnal Mutiara Pendidikan, Vol. 7 No. 1.

Marheni. R, Bassar, A.S dan Ardiati, S.S. 2020. Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Minat Belajar Peserta Didik (Penelitian di SMP Islam Serba Bakti Suryalaya). Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2 No. 1.

Permatasari.A.D dan Hariyati. N, 2021. Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(3).

Rahman. S, 2021. Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan Dasar. Universitas Negeri Gorontalo.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Administrasi. Bandung. Alfabeta.

Wutsqah.U dan Mukaddamah, I. 2023. Peran Perempuan dalam Membentuk Ketahanan Keluarga. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(9).

Yusuf, M. 2018. Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo: IAIN Palopo.

Downloads

Published

2024-01-26