Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 151 Pekanbaru
Keywords:
Otoriter, Permisif, Hasil Belajar, DemokratisAbstract
Orang tua hendaknya mengimplementasikan pola asuh yang benar saat membimbing anaknya supaya berhasil di sekolah. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua (otoriter, permisif, dan demokratis) terhadap hasil belajar siswa SDN 151 Kelas 4 di Kota Pekanbaru. Penelitian ini memakai metode kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Sampel penelitian yang ditetapkan sebanyak 54 orang siswa-siswi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data memakai pendekatan regresi linier berganda. Dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Pola asuh otoriter berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar siswa, 2) Pola asuh permisif tidak berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar siswa, 3) Pola asuh demokratis berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar siswa, 4) Pola asuh otoriter, permisif, dan demokratis berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 151 Kota Pekanbaru. Orang tua hendaknya menerapkan ketiga pola asuh pada waktu tertentu sesuai situasi dan psikologis anak.
Downloads
References
Budang. P, Wedyawati. N, Fransiska. (2017). Korelasi Pola Asuh Orangtua Dengan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Tengadak. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 3 (2), 349-357. https://doi.org/10.31932/jpdp.v3i2.86
Dea Mustika, Ambiyar, Ishak Aziz. (2021). Proses Penilaian Hasil Belajar Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (6), 6158-6167. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1819
Dea Mustika.(2021) Peran Orangtua dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik di Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1 (2), 361-372. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.105
Desryani dan Dea Mustika. (2022) Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4 (3), 1252-1259. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4782
Fitasari. N.P.D, dkk. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhdap Hasil Belajar Matematika dengan Efikasi Diri Sebagai Intervening. International Journal of Elementary Education. 3 (4), 404-412. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21313
Kusumawati. O.D.T, Agus W, Subagyo. (2017) Pengaruh Pola Asuh, Lingkungan Masyarakat dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Kecamatan Bandungan. Education Management, 6 (2), 87-94. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman/article/view/22772/10740
Lathifah. Z.K, Elis Y. (2017). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Tarikolot 06 Bogor. UNES Journal of Education Scienties, 1 (1), 107-115. https://ojs.ekasakti.org/index.php/UJES/article/view/198/181
Malmia W. Suhardi B, Siti S.U. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Uniqbu Journal of Exact Sciences (UJES). 3 (1), 11-17. https://doi.org/10.47323/ujes.v3i1.176
Merentek. R.M. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD GMIM Desa Raanan Lama Kecamatan Motoling. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7 (5). 183-188. https://doi.org/10.5281/zenodo.5510708
Nasir, A.H.K dan Aan W. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. JOTE (Journal On Teacher Education), 3 (3). 365-373. https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4825
Prihartono, A. Yusuf S, Resa R. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 8 (4), 999-1007. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i4.41896
Sinurat Y, Patri J.S, dan Anna S.P.S. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang tua terhadap Hasil Belajar Matematika pada kelas IV SD Negeri 060833 Medan Petisah. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA). 1 (1), 17 – 28. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA
Sundari, Rukayah, Sidrah A. R. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kedisiplinan Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, 2 (1), 304-310. https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i1.27086
Tutik L. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Kebonsari 3 Kota Malang. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4. 501-510. https://conference.unikama.ac.id/artikel/
Widhiasih I., Sumilah, Nuraeni A. (2017). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Kreatif, 7 (2), 189-199. https://doi.org/10.15294/kreatif.v7i2.9380