Dampak Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Berbahasa Siswa Kelas IV SDN 018 Pekanbaru

Authors

  • Andini Carla Carla Universitas Islam Riau
  • Dea Mustika Prodi PGSD, Universitas Islam Riau, Pekanbaru

Keywords:

Media Sosial Tiktok; Perilaku Berbahasa; Siswa SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak dampak media sosial tiktok terhadap perilaku berbahasa siswa kelas IV SDN 018 Pekanbaru. Jenis penelitian ini melalui pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini yakni kelas IV A dan IV B yang berjumlah 67 siswa. Teknik pengambilan sample yakni dengan simple random sampling yang mengambil seluruh sample dari populasi secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Pengujian instrumen menggunakan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji prasyarat yakni uji normalitas, uji homogenitas, linieritas, uji hipotesis dalam bentuk uji T . Dapat disimpulkan terdapat dampak media sosial tiktok terhadap perilaku berbahasa siswa kelas IV SDN 018 Pekanbaru dengan kata lain hipotesis yang diajukan dapat diterima. Sebagaimana total hasil uji independent test sebesar 2.162 lebih besar dari pada t-tabel 1.669 maka dinyatakan Ha diterima yang mana artinya terdapat dampak media sosial tiktok terhadap perilaku berbahasa siswa kelas IV di SDN 018 Pekanbaru

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Dea Mustika, Prodi PGSD, Universitas Islam Riau, Pekanbaru

 

 

 

References

A, Yana, D. (2018). Kosakata Bahasa Gaul Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Handayani, 1(9), 1–110.
A, R. (2020). Dampak Media Sosial terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Global Komunika. 1(1), 19.
Andrianingsih, R., & Mustika, D. (2022). Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar Siswa di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6164–6172.
Agis, D. P. (2021). Penggunaan Aplikasi Tik Tok dan Efeknya Terhadap perilaku keagamaan remaja islam di kelurahan waydadi baru kecamatan sukarame. Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.
Alprianto, D. (2020). Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Kepribadian Siswa Kelas VI” di Madarasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Bandar 1 Dusun Tratas, Desa Bandar, Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan Kelas VI. Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Asriani, P., Sa’dijah, C., & Akbar, S. (2017). Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(11), 1456.
Ayub, M. (2022). Dampak Sosial Media Terhadap Interaksi Sosial Pada Remaja: Kajian Sistematik. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 7(1), 23.
Bungsu, T. kurniawan, Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SMKN 1 Cihampelas. Journal on Education, 01(02), 382–389.
Deriyanto, D., & Qorib, F. (2019). Persepsi Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang Terhadap Penggunaan Aplikasi Tik Tok. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISIP), 7(2), 78.
Ghaisani, N. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tik Tok Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja Di Kecamatan Blangkejeren. An Nadwah, 27(2), 10.
Khairani, K., Anisa, I., Pratiwi, P., Putri, N. A., Kuntarto, E., & Noviyanti, S. (2018). Peran, Fungsi, dan Keduukan Bahasa dalam Kehidupan Sehari-hari. Repository Unja, 20.
Maghfiroh, N. (2022). Bahasa Indonesia sebagai Alat Komunikasi Masyarakat dalam Kehidupan Sehari-hari. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(2), 104.
Mailana, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai Alat Komunikasi dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(2), 1-10.
Mulqiah, Z., Santi, E., & Lestari, D. R. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah (Usia 3-6 Tahun). Dunia Keperawatan, 5(1), 61.
Mustika, D. (2021). Peran Orangtua dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik di Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 361–372.
Mustika, D., & Ginting, R. B. (2023). Pembiasaan pembelajaran berkarakter terhadap penguatan karakter siswa SD negri 17 Pekanbaru. ADIBA: Journal of education, 3(3), 348–358.
Nurhasanah, P. S., & Lestari, T. (2022). Pengaruh Aplikasi Tiktok terhadap Perkembangan Bahasa Siswa Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8(2), 115–121.
Prishandani, A. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Berbahasa Pada Anak Pra- Remaja Selama Pandemi : Kajian Psikolinguistik TALENTA Conference Series Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Berbahasa Pada Anak Pra- Remaja Selama Pandemi : Kajian Psikolinguistik. 5(2).
Rafiq, A. (2020, July). Dampak Media Sosial terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Global Komunika, 1(1), 19.
Sari, A. Q., Sukestiyarno, Y., & Agoestanto, A. (2017). Batasan Prasyarat Uji Normalitas dan Uji Homogenitas pada Model Regresi Linear. Unnes Journal of Mathematics, 6(2), 168–177.
Syamsuryadin, S., & Wahyuniati, C. F. S. (2017). Tingkat Pengetahuan Pelatih Bola Voli Tentang Program Latihan Mental Di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 13(1), 53–59.
Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62.
Usrina, N. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Gaya Komunikasi Santri Taman Pendidikan Al-Qur’an Ar-Risalah. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Downloads

Published

2023-07-29