Pentingnya Membangun Rasa Percaya Diri Siswa Melalui Literasi Budaya dan Kewargaan di Sekolah Dasar

Authors

  • Siti Humaeroh Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dini Anggraeni Dewi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rizky Saeful Hayat Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Rasa Percaya Diri, Literasi Budaya dan Kewargaan, Sekolah Dasar

Abstract

Artikel ini membahas pentingnya membangun rasa percaya diri pada siswa sekolah dasar melalui penerapan literasi budaya dan kewargaan. Rasa percaya diri yang kuat memiliki dampak positif terhadap prestasi akademik, interaksi sosial, dan kemampuan pemecahan masalah. Adapun metode penelitian yang diterapkan adalah kualitatif dengan menganalisis data secara deskriptif melalui studi kepustakaan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa literasi budaya dan kewargaan efektif dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa. Artikel juga membahas peran guru dan prinsip implementasi literasi budaya dan kewargaan untuk membantu siswa menjadi individu yang lebih percaya diri dan mandiri di era abad ke-21. Dengan demikian, literasi budaya dan kewargaan memegang peran kunci dalam membangun rasa percaya diri siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, N. R. (2021). Implementasi literasi budaya dan kewargaan untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa Madrasah Ibtidaiyah di tengah pandemi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01), 7-16. Doi: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v11i01.10317

Dasor, Y. W., Mina, H., & Sennen, E. (2021). Peran guru dalam gerakan literasi di sekolah dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 19-25.

Desyandri, D. (2018). Nilai-Nilai Kearifan Lokal untuk Menumbuh kembangkan Literasi Budaya di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(1), 1–9. Doi: https://doi.org/10.17977/um009v27i12018p001

Kaharuddin, A., & Tulak, T. (2021). Pengaruh Sifat Percaya Diri dan Keaktifan Belajar Di Kelas Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Wawotobi. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 135- 142. Doi: https://doi.org/10.47178/elementary.v4i2.1456

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2023). Buku Literasi Budaya dan Kewargaan. (Jakarta: Gerakan Literasi Nasional).

Nazir, M. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan sebagai Solusi Disinformasi pada Generasi Millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 65–80. Doi: https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066.

Rizqiyah, A. M., & Arsanti, M. (2022, December). Membangun Pendidikan Karakter Melalui Pembudayaan Literasi Di Sekolah. In Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV (Vol. 4, No. 1).

Rochmah, E. (2015). Pengaruh Self Regulated Learning, Gaya Belajar, dan Pola Asuh Orangtua terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Kejuruan se-Kecamatan Weru (Doctoral dissertation, Tesis. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta).

Rosidin, D. I., Supriatna, M., & Budiman, N. (2019). Pengembangan self confidence pada siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 144-148.

Safitri, S. (2022). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan di Sekolah Dasar.

Setianingsih, D., Kiranti, D. I., Sulistyorini, S., Wahyudin, D., & Caturiasari, J. (2023). Urgensi Literasi Budaya dan Kewargaan Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 7(2), 147-153. Doi: https://doi.org/10.55115/widyacarya.v7i2.3164

Syaibani, R. 2012. Studi Kepustakaan, (Online), (http://repository.usu.ac.id/ bitstream, diakses 4 Oktober 2016).

Teguh, M. (2020). Gerakan literasi sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1- 9.

Widyaningrum, A., & Hasanah, E. (2021). Manajemen Pengelolaan Kelas Untuk Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 6(2), 181-190. DOI: 10.34125/kp.v6i2.614

Yudin, J. (2015). Pengintegrasian Literasi Budaya Dan Kewargaan Dalam Teks Hikayat Pada Buku Teks Bahasa Indonesia. Konferensi Nasional Bahasa Dan Sastra (Konnas Basastra) V, 149–156.

Yunus, A., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-01-26