https://journal.uir.ac.id/index.php/elscho/issue/feedELSCHO: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar2023-01-31T03:27:06+00:00Zaka Hadikusuma Ramadanzakahadi@edu.uir.ac.idOpen Journal Systems<p>ELSCHO : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar dikelola oleh Program Studi PGSD FKIP UIR, Pekanbaru.</p>https://journal.uir.ac.id/index.php/elscho/article/view/11475Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Karakter Disiplin Siswa Kelas V Sekolah Dasar2023-01-31T03:20:23+00:00Syintia Noviantisyintianovianti2@gmail.com<p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap karakter disiplin siswa kelas V sekolah dasar. Jenis Penelitian ini melalui pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian <em>ex post facto.</em> Populasi penelitian ini yakni kelas V yang berjumlah 60 siswa, teknik pengambilan 5% maka sampel penelitian berjumlah 30 siswa dari kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi. Pengujian Instrumen menggunakan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji prasayarat yakni uji normalitas, linieritas, uji hipotesis dalam bentuk uji regresi linier sederhana. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap karakter disiplin siswa kelas V SD Negeri 29 Pekanbaru dengan kata lain hipotesis yang diajukan diterima. Sebagaimana total pengaruhnya yakni sebesar 68,1% dengan pengaruhnya bersifat positif.</p>2023-01-31T02:22:48+00:00Copyright (c) 2023 Syintia Noviantihttps://journal.uir.ac.id/index.php/elscho/article/view/11616Analisis Kemampuan Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar2023-01-31T03:14:46+00:00Dhea Khasanatidheakhasanati99@gmail.com<p style="text-align: justify;">Berdasarkan observasi awal, guru di SDN 01 Tualang telah menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk menunjang proses pembelajaran. Guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk menjadikan proses pembelajaran terencana dan terarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SDN 01 Tualang Kabupaten Siak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Teknik dan instrument pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah guru di SDN 01 Tualang mampu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan mengikuti secara keseluruhan tahapan dan komponen perangkat pembelajaran.</p>2023-01-31T02:22:35+00:00Copyright (c) 2023 Dhea Khasanatihttps://journal.uir.ac.id/index.php/elscho/article/view/11618Penerapan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar2023-01-31T03:27:06+00:00Sarah Azhari Pohansarahazhari.2021@student.uny.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penilaian pembelajaran kurikulum 2013 di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas II, IV dan guru kelas V SDN 017 Desa Tandan Sari. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan analisis dokumen. Teknik analisis data menggunakan model Milles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah sudah menerapkan kurikulum 2013 yang dilaksanakan secara bertahap. Penilaian pembelajaran yang dilakukan guru sesuai dengan kurikulum 2013 yaitu penilaian autentik. Dalam penilaian pembelajaran, guru memberi penilaian peserta didik melalui 3 kompetensi. Kesimpulan, guru sudah menerapkan penilaian penilaian pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 yaitu penilaian autentik yang menilai 3 aspek penilaian yaitu aspek kompetensi sikap, pengetahuan dan aspek kompetensi keterampilan.</p>2023-01-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Sarah Azhari Pohanhttps://journal.uir.ac.id/index.php/elscho/article/view/11620Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar2023-01-31T03:24:26+00:00Tamara Amelda Priantotamaraameldaa@gmail.com<p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode <em>ex post facto </em>dengan data primer siswa kelas IV yang berjumlah 25 orang. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh melalui angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa analisis data deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data secara umum dengan teknik stastik dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan uji hipotesis thitung > ttabel (4.412>2.069) dengan besaran kontribusi yang diberikan yakni sebesar 45,8%. Kesimpulannya terdapat pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN 106 Pekanbaru.</p>2023-01-31T02:21:32+00:00Copyright (c) 2023 Tamara Amelda Priantohttps://journal.uir.ac.id/index.php/elscho/article/view/11621Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor untuk Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar2023-01-31T03:22:25+00:00Suci Nataliasucinatalia@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam pengembangan kompetensi pedagogik guru. Untuk pengembangan kompetensi pedagogik guru, penelitian ini merujuk pada supervisi akademik pada guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan telaah dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah kepala sekolah telah menjalankan perannya sebagai supervisor dalam pengembangan kompetensi pedagogik guru dengan melakukan supervisi akademik melalui proses perencanaan dengan mengadakan rapat untuk menerapkan tujuan supervisi, pembuatan jadwal supervisi, menentukan pendekatan dan teknik yang sesuai dengan kegiatan supervisi.</p>2023-01-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Suci Natalia