Penggunaan Metode Scrambel dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 SDN 13 Rambutan Kabupaten Banyuasin

Authors

  • Endy Endy SDN 13 Rambutan, Banyuasin, Palembang

Keywords:

Hasil Belajar, Kemampuan Membaca, Metode Scramble, PTK, Peserta Didik

Abstract

Tujuan  penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan  membaca peserta didik dengan model  pembelajaran  Scramble siswa kelas II SDN 13 Rambutan, Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin,  berjumlah 27 peserta didik dengan 22 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan dengan kemampuan heterogen. Penelitian tindakan kelas (PTK)  yang dilaksanakan dengan dua siklus. Peningkatan hasil belajar peserta didik dinilai sesuai batas Kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan analisis rata-rata untuk  mengetahui peningkatan  kemampuan membaca peserta didik Ketika penerapan model pembelajaran Scramble. Dari hasil peneilitian diketahui bahwa jumlah siswa yang mencapai KKM pada prasiklus hanya 11 orang (40%), siklus  I sebanyak 6 orang (22,2%), dan siklus II sebanyak 3 orang (11%). Nilai yang ditunjukkan bahwa manfaat pembelajaran dengan Scrambel sangat baik dan selesai pada siklus 2. Artinya pembelajaran dengan metode Scrambel mampu meningkatkan  daya baca peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriyanti, N.E. 2019. Keefektifan Model Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA. Indonesian Journal of Educational Research and Review.
Arikunto, 2021. Dasar-dasar evaluasi Pendidikan. Edisi 3. Bumi Aksara. Jakarta
Arikunto. 2015. Penelitian Tindakan kelas. PT. Bumi Aksara. Jakarta
Hasmi, Farida. 2017. Peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata pada siswa kelas II SD Negeri 001 Rimba Sekampung Dumai. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, Vol 7, No 4 (2017), ISSN : 2407 4926. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i4.8096

Kumara, Amitya. dkk. 2014. Kesulitan Berbahasa pada Anak. PT. Kanisius. Yogyakarta.
Marlina,2021. Analisis factor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah kabupaten Sorong. Frasa Jurnal keilmuan , Bahasa, sastra dan pengajaran. Vol. 2 No. 1

Mayasari, Dian. 2020. Program perencanaan pembelajaran matematika. CV. Budi Utama. Jokjakarta
Miftahul, Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paragdimatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nasution,M. 2018. Konsep pembelajaran Matematika dalam mencapai hasil belajar
Rosyid, Zaiful, dkk. 2019. Ragam Media Membaca. Malang. CV. Literasi Nusantara Abadi
Sanjaya, Wina Prof. DR. H, M.Pd. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Makasar. Kencana
Sanjaya, Wina. 2016. Penelitian Tindakan kelas. Pranada Media
Santika, I Gusti Ngurah. 2021. Insersi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau dari Perspektif Teoretis. Jurnal Pendidikan Bahasa dan sastra
Santika, I. G. N., Kartika, I. M., & Wahyuni, N. W. R. (2019). Pendidikan Karakter: Studi Kasus Peranan Keluarga terhadap Pembentukan Karakter Anak Ibu Sunah di Tanjung Benoa. Widya Accarya, 10(1), 53-66
Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruz Media.
Sinar, 2018. Metode active learning upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. CV. Budi Utama
Suaidah, Endang Uliyanti, Tahmid Sabri, 2014. Penggunaan kartu kata untuk meningkatkan membaca lancar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II. Jurnal Pendidikan dan kebudayaan, Khatulistiwa. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i4.5490
Suciwati,Hasni. 2019. Peningkatan kemampuan membaca permulaan bahasa Indonesia dengan menggunakan media kartu kata pada siswa kelas II MIS Alkhairat Delitua. Jurnal jurnal pengembangan ilmu komunikasi dan sosial, Komunologi, ISSN Cetak : 2528 7583 ISSN Online : 2621 8267, Vol 3, No 1 (2019). http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v3i1.5055
Sugiyanti, 2022. Teknik pertemuan individual dalam peningkatan kompetensi guru menentukan kriteria ketuntasaan minimal (KKM). Penerbit PAI. Jakarta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. CV Alfabeta
Sumiharsono, R., & Hisbiyatul, H. 2017. Media Pembelajaran. Buku bacaan wajib dosen, guru, dan calon pendidik. Jawa Timur. CV Pustaka Abadi.
Sutiati, Ati.2020. Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui permainan kartu kata. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran MENDIDIK, ISSN (print) 2443-1435 ISSN (Online) 2528-4290

Downloads

Published

2023-07-29