Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Sistem Tata Surya Melalui Permainan Kartu Bergambar di SDN 3 Sukamenak

Authors

  • caswita caswita Institut Nahdlatul Ulama Tasikmalaya

Keywords:

Permainan Kartu Bergambar, Sistem Tata Surya

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan berawal dari hasil observasi di lapangan, tentang pemahaman dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Permasalahannya, hasil belajar siswa dalam materi Sistem Tata Surya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan oleh pihak sekolah. Hal ini terjadi karena ketidaktepatan pendidik di dalam menerapkan teknik atau model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Sehingga perlu suatu upaya yang dapat mengatasi masalah tersebut salah satunya adalah dengan menggunakan permainan kartu bergambar. Permainan kartu bergambar merupakan teknik dalam pembelajaran yang mampu menumbuhkan ketergantungan yang positif, munculnya tanggungjawab perseorangan, terjadinya tatap muka, serta komunikasi antar anggota dan diakhiri dengan adanya evaluasi proses kelompok, yang berdampak meningkatkan hasil belajar siswa tentang Sistem Tata Surya dalam pembelajaran IPA di Kelas VI SD Negeri 3 Sukamenak Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah :1) Untuk memperoleh model perencanaan yang tepat tentang Sistem Tata Surya dengan menggunakan permainan kartu bergambar, 2) Untuk memperoleh model pelaksanaan pembelajaran yang tepat tentang Sistem Tata Surya dengan menggunakan permainan kartu bergambar, 3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada Sistem Tata Surya dengan menggunakan permainan kartu bergambar. Proses penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri dari 3  siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI SD Negeri 3 Sukamenak yang terdiri dari 23 orang siswa. Untuk hasil belajar siswa dari rata-rata sebesar 71  pada siklus 1, setelah siklus 2 nilainya mencapai 80,8, sedangkan pada siklus 3 mencapai rata-rata 87,8. Dari pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengenai Sistem Tata Surya dengan menggunakan permainan kartu bergambar meningkat.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Majid, A. (2007). Perencanaan Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
BSNP. (2006). Standar Isi Mata Pelajaran IPA SD. Jakarta: BP. Dharma Bakti.
Depdiknas. (2006). Pedoman Hasil Belajar sekolah Dasar. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Depdiknas. (2013). Silabus kurikulum 2013 revisi 2018.Jakarta: Depdiknas.
Dirdjosoemarto, S dkk. (1995). Pendidikan IPA I . Jakarta : Depdikbud
Heryadi, Y. (2006). Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan yang Menggunakan Keterampilan Proses pada Lingkungan di SMP Negeri I Karangnunggal. Skripsi Sarjana pada : FKIP Universitas Siliwangi
Jamil, Z. (2008). Raih Tumbuh Kembang Sempurna [online]. Tersedia : http: // www.ummigroup.co.id [februari 2008]
Jasuni, S. (2008). Hakikat Sains. [online]. Tersedia : http:// www.google.co.id [februari 2008]
Majid, A. (2007). Perencanaan Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Power, B. (2005). Permainan Kreatif Pengisi Waktu Luang. Jakarta : Erlangga
Rini. (2008). Meningkatkan Penguasaan Siswa dalam Konsep Gaya Magnet dengan Menggunakan Media Permainan Magnet pada Pembelajaran IPA di SD. Skripsi Sarjana pada: FIP UPI Kampus Tasikmalaya. Tidak diterbitkan
Sadiman, Arief, 2008. Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Srayana, E. (2007). Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Tentang Volume Tabung Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah Menurut Polya di SD. Skripsi Sarjana pada : FIP UPI Kampus Tasikmalaya
Sulistio Edi (2008) Ilmu Pengetahuan Alam kelas VI. Jakarta Pusat Perbukuan BSE
Sutardi, D dan Sadjarudin, N (2004). Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Buku Wajib Perkuliahan PGSD UPI Kampus Tasilmalaya : Tidak dipublikasikan
Wasliman, I. (2008). Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran yang Efektif dalam Rangka Membangun Mutu Pendidikan . Makalah Seminar Nasional Pendidikan KPPD, Tasikmalaya
Wiriaatmadja, R. (2008). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakaya.

Downloads

Published

2023-07-29