Upaya Guru dalam Membimbing Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV SDN 009 Senama Nenek Kabupaten Kampar

Authors

  • Yoka Prasasti Lubis Universitas Islam Riau
  • febrina dafit Prodi PGSD, Universitas Islam Riau, Pekanbaru

Keywords:

Upaya Guru, Kesulitan Belajar

Abstract

Dalam dunia pendidikan, upaya guru sangat penting dalam membimbing dan mendukung perkembangan siswa. Terutama di Kelas IV SDN 009 Senama Nenek Kabupaten Kampar, guru memiliki tanggung jawab besar dalam menghadapi kesulitan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di lingkungan sekolah reguler tanpa dukungan khusus. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru dan siswa yang mengalami kesulitan belajar, serta observasi langsung terhadap proses pembelajaran di kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru atau walikelas IV telah menerapkan berbagai upaya dalam membimbing pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa yang mengalami kesulitan belajar. Adapun upaya yang dilakukan seperti pendekatan individual, cara pengajaran dan materi, motivasi, relasi guru dengan siswa dan juga pembelajaran remedial. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman tentang upaya yang dilakukan oleh guru adalam membimbing siswa dengan kesulitan belajar dan memberikan saran untuk pengembangan pendekatan pembelajaran yang lebih efektif dan inklusif dalam mengatasi kesulitan belajar siswa karena guru merupakan garda terdepan dalam membimbing siswa yang menghadapi kesulitan belajar.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

febrina dafit, Prodi PGSD, Universitas Islam Riau, Pekanbaru

 

 

References

Arianti. (2018). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12, 117–134. doi: 10.30863/didaktika.v12i2.181
Bisri, N. L. 2019. Media Belajar Kartu Huruf Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca. Qudwatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 162-174. http://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/20
Fadhilla, N. A., & Dafit, F. 2022. Perhatian Orangtua dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar. Journal on Teacher Education, 4, 318–333.
https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.6387
Jayanti, I., Arifin, N., & Nur, D. R. 2020. Jurnal Pendidikan. Sistema: Jurnal Pendidikan, 01(01). https://doi.org/10.24903/sjp.v1i1.602
Lidi, M. W. 2018. Pembelajaran Remedial sebagai Suatu Upaya dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. Pondasia, IX(1), 15–26. d10.21831/foundasia.v9i1.26158
Makki, M. Ismail. 2019. Konsep Dasar Belajar dan Belajar. Pamekasan : Duta Media Publishing.
Mulyati, S., Nur, S., & Syahid, A. 2021. Pendekatan Individual dalam Perkembangan Anak Didik. Al-Liqo : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 159–169. https://doi.org/10.46963/alliqo.v6i2.399
Munirah. 2018. Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 111–127.
https://doi.org/10.26618/jtw.v3i02.1597
Rahmadani, Nuzul. 2022. Metode Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Siswa di Kelas II SDN 05 Tebat Karai Kabupaten Kepahiang. Skripsi. Tidak diterbitkan. UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Suardi. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Penerbit Deepublish.
Syarifuddin, S. 2019. Guru Profesional : Dalam Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi). Al-Amin : Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 1(1), 64-84. https://doi.org/10.36670/alamin.v1i1.3
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 1707–1715. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Downloads

Published

2023-07-29