Pengamatan Pelaksanaan Program Literasi Di Sekolah Dasar

Authors

  • Mia Amellia Universitas Islam Riau

Keywords:

Literasi, Membaca, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program literasi yang ada di Sekolah Dasar di Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah 4 SD yang ada di Pekanbaru, yaitu SDN 58 Pekanbaru, SDN 82 Pekanbaru, SDN 87 Pekanbaru, dan SDN 177 Pekanbaru. Pengambilan data didapatkan dengan cara mewawancarai salah satu guru dari setiap SD tersebut, sehingga didapat hasil berupa data mengenai program literasi yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Pekanbaru. Hasil dari Penelitian ini adalah Sekolah Dasar di Pekanbaru menerapkan literasi membaca menjadi literasi yang wajib dilakukan di sekolah. Dilaksanakannya literasi membaca di sekolah sangatlah penting untuk dilakukan karena Sekolah Dasar merupakan tempat yang tepat untuk menanamkan literasi membaca kepada siswa. Di sekolah dasar Pekanbaru, kegiatan literasi membaca dilakukan setidaknya 15 menit sebelum pembelajaran dimulai setiap paginya, selain  itu terdapat berbagai macam program literasi lainnya yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yunus, dkk. (2017). Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Antoro, Billy. (2017) Gerakan Lierasi Sekolah dari Pucuk Hingga Akar Sebuah Refleksi. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Antasari, I. W. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah. Gandatapa Sumbang, Banyumas.

Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572.

Fianto, Farinia, dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Finansial. Jakarta timur: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fitriana, E., & Ridlwan, M. K. (2021). Pembelajaran Transformatif Berbasis Literasi Dan Numerasi Di Sekolah Dasar Penulis. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(2). https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11137.

Ismaniar. (2018). Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Stimulasi Kemampuan Membaca Awal Anak Melalui Pendekatan Environmental Print. E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101459.

Kemendikbud. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan budi Pekerti.

Mirna, W., & Rambe, N. R. (2021). Pentingnya Skemata Dalam Pembelajaran Terhadap Proses Perkembangan Imajinasi Anak Melalui Kegiatan Membaca. Jurnal Maqasiduna, 1(1).
https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3379011

Megantara, K., & Wachid, A. (2021). Pembiasaan Membaca dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 383–390. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1230

Rohman, S. (2017). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 156.
http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/2118

Sangadji, E.M dan Sopiah. (2010). Metodologi Pendidikan. Yogyakarta: ANDI

Sukmadinata, N.S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya. Jurnal Simbolika: Research and Learning in Communication Study, 4(1), 62. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474.

Sulistyo, Andri. (2017). Evaluasi Program Budaya Membaca di Sekolah Dasa Negeri. Jurnal Manajemen Pendidikan, (Online), 4 (1): 48-58 http://ejournal.uksw.edu/kelola/article/download/741/526

Syahidin, S. (2020). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Sekolah. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(3), 373–381. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i3.163.

Teguh, mulyo. (2017). Aktualisasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolahuntuk Menyiapkan Generasi Unggul Dan Berbudi Pekerti. Prosiding Seminar Nasional, 18–26. https://training.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/217/120.

Widayoko, A., H, S. K., & Muhardjito, M. (2018). Analisis Program Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dengan Pendekatan Goal-Based Evaluation. Jurnal Tatsqif, 16(1), 78–92. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.134.

Downloads

Published

2023-07-29