Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Tamara Amelda Prianto SD Negeri 106 Pekanbaru, Pekanbaru, Riau, Indonesia

Keywords:

Gerakan literasi sekolah, motivasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode ex post facto dengan data primer siswa kelas IV  yang berjumlah 25 orang. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh melalui angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa analisis data deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data secara umum dengan teknik stastik dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan uji hipotesis thitung > ttabel (4.412>2.069) dengan besaran kontribusi yang diberikan yakni sebesar 45,8%. Kesimpulannya terdapat pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN 106 Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulia Akbar. (2017). Membudayakan Literasi dengan Program 6M di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Aulia Rahmanul Arby, Husnul Hadi, F. A. (2019). Keefektifan Budaya Literasi terhadap Motivasi Belajar. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 181.

Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi (GLS) di Sekolah Dasar. 4(4), 1430. Jurnal Basicedu, 4(4), 429–1437.

Dafit Febrina, Dea Mustika dan Ningrum Melihayatri, D. (2020). Pengaruh Program Pojok Literasi terhadap Minat Baca Mahasiswa PGSD FKIP UIR. Jurnal Basicedu, 4(1), 118.

Daha, Selviana Kaka, Lestari, P. B. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantu Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Sistem Pernapasan Kelas VII SMP Negeri 5 Kodi. Edubiotik: Jurnal Pendidikan, Biologi, Dan Terapan, 3(2), 23–29.

Daytona Putra, Suniasih, M. (2020). Determinasi Motivasi Belajar dan Dukungan Orang Tua Terhadap Minat Baca. International Journal of Elementary Education., 4(1). https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24330

Denggan Septiary, M. S. (2020). Pelaksanaan program gerakan literasi sekolah (GLS) di SD Muhammadiyah Sokonandi. Jurnal Epistema, 1(1). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v1i1.32054

Faizah, D. U., Sufyadi, S., Anggraini, L., Waluyo, Dewayani, S., Muldian, W., & Renya Roosaria, D. (2018). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Febriana Ramandanu. (2019). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(1), 10.

Hastuti, S., & Lestari, N. A. (2018). Gerakan Literasi Sekolah: Implementasi Tahap Pembiasaan Dan Pengembangan Literasi Di Sd Sukorejo Kediri. Jurnal Basataka (JBT), 1(2), 29–34. https://doi.org/https://doi.org/10.36277/basataka.v1i2.34

Mustika, D., & Ain, S. Q. (2021). Pelatihan Penyusunan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 42–47. https://doi.org/10.29303/rengganis.v1i1.16

Ni Wayan Suniasih. (2019). Motivasi Belajar dan Dukungan Orang Tua Kontribusinya Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V. In Seminar Nasional Inovasi dalam Penelitian Sains, Teknologi dan Humaniora. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia.

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015. (n.d.).

Sadli, M., & Saadati, B. A. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829

Sari, Y. S. (2016). Pengaruh Keterampilan Proses IPA dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Kreativitas Belajar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 83–91.

Suyono, Titik H, I. S. W. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar (Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan), 26(2), 181.

Wahyuni, Pebriani Dwi, dkk. (2018). Pengaruh Full Day School dan Gerakan Literasi Sekolah terhadap Hasil Belajar dengan Mediasi Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan, 3(5), 680. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i5.11096

Yunianika, I. T. & S. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 498.

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100

Downloads

Published

2023-01-31