Penerapan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar

Authors

  • Sarah Azhari Pohan Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia

Keywords:

Penilaian Pembelajaran, Kurikulum 2013, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penilaian pembelajaran kurikulum 2013 di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas II, IV dan guru kelas V SDN 017 Desa Tandan Sari. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan analisis dokumen. Teknik analisis data menggunakan model Milles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah sudah menerapkan kurikulum 2013 yang dilaksanakan secara bertahap.  Penilaian pembelajaran yang dilakukan guru sesuai dengan kurikulum 2013 yaitu penilaian autentik. Dalam penilaian pembelajaran, guru memberi penilaian peserta didik melalui 3 kompetensi. Kesimpulan, guru sudah menerapkan penilaian penilaian pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 yaitu penilaian autentik yang menilai 3 aspek penilaian yaitu aspek kompetensi sikap, pengetahuan dan aspek kompetensi keterampilan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429–1437. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.585

Kamiludin, K., & Suryaman, M. (2017). Problematika pada pelaksanaan penilaian pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 58–67. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8391

Kemendikbud. (2013). Permendikbud RI No 81A tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum (p. 14). Kemendikbud.

Kunandar. (2015). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta didik berdasarkan Kurikulum 2013.

Mulyasa. (2016). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Rini Kristiantari, M. (2015). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(2), 460–470. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i2.4462

Ruslan, Fauziah, T., & Alawiyah, T. (2016). Kendala Guru dalam Menerapkan Penilaian Autentik di SD Kabupaten Pidie. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 147–157.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Trianto Ibnu Badar at-Taubany Hadi Suseno. (2017). Desain Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah.

Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 Sd. Edcomtech, 1(2), 129–136. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/download/1799/1039

Downloads

Published

2023-01-31