Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Karakter Disiplin Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Keywords:
Perhatian Orang Tua, Karakter Disiplin, Siswa SDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap karakter disiplin siswa kelas V sekolah dasar. Jenis Penelitian ini melalui pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini yakni kelas V yang berjumlah 60 siswa, teknik pengambilan 5% maka sampel penelitian berjumlah 30 siswa dari kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi. Pengujian Instrumen menggunakan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji prasayarat yakni uji normalitas, linieritas, uji hipotesis dalam bentuk uji regresi linier sederhana. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap karakter disiplin siswa kelas V SD Negeri 29 Pekanbaru dengan kata lain hipotesis yang diajukan diterima. Sebagaimana total pengaruhnya yakni sebesar 68,1% dengan pengaruhnya bersifat positif.
Downloads
References
Aulia, E. R. N., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak SD sebagai Bentuk Implementasi Pkn. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 43–53. https://ejournal.unisap.ac.id/index.php/edukasitematik/article/view/90
Aulina, C. N. (2013). Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini. Pedagogia, 2(1), 36–49. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.45
Dami, Z. A. (2016). Pengaruh Layanan Informasi Pribadi Sosial Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Cakrawala, 5(10), 856–869. https://osf.io/preprints/tknu4/
Fawaid, M. M. (2017). Implementasi Tata Tertib Sekolah dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa. Tamansiswa International Journal in Education and Science, 2(1), 9–19. https://doi.org/10.30738/tijes.v2i2.9939
Lestari, A., & Mustika, D. (2021). Analisis Program Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1577–1583. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.912
Mahmudi, A., Sulianto, J., & Listyarini, I. (2020). Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 122. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24435
Massie, A. Y., & Nababan, K. R. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Siswa. Satya Widya, 37(1), 54–61. https://doi.org/10.24246/j.sw.2021.v37.i1.p54-61
Mustika, D., & Dafit, F. (2019). Analisis Pemahaman Mahasiswa PGSD Terhadap Nilai Karakter Bangsa Analysis of PGSD Student ’ s Understanding of the Nation ’ s Character Value in Character Education Courses. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 92–104. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i1.106373
Permatasari, F., & Arianto, Y. (2022). Urgensi Kompetensi Kepribadian Guru Sebagai Upaya Pengembangan Karakter Siswa. IDEA : Jurnal Psikologi, 6(1), 76–83. https://doi.org/https://doi.org/10.32492/idea.v6i1.748
Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang. Pujangga, 1(2), 31. https://doi.org/10.47313/pujangga.v1i2.320
Puluhulawa, C. W. (2013). Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Meningkatkan Kompetensi Sosial Guru. Makara Human Behavior Studies in Asia, 17(2), 139. https://doi.org/10.7454/mssh.v17i2.2957
Ratna Ningrum, W. (2018). Pengaruh Peranan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri (Sdn) Di Kecamatan Bogor Barat. Jurnal Pendidikan, 17(2), 129–137. https://doi.org/10.33830/jp.v17i2.273.2016
Rini, E. S. (2016). Pengaruh perhatian orang tua dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar matapelajaran IPS. Jurnal Penelitian & Pendidikan IPS, 9(2), 1131–1149.
Setyawati, V., & Subowo. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga Dan Peran Guru Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 29–44.
Sobri, M., Nursaptini, N., Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Kultur Sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 61–71. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.26912