Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Karakter Disiplin Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Syintia Novianti SD Negeri 29 Pekanbaru, Pekanbaru, Riau, Indonesia

Keywords:

Perhatian Orang Tua, Karakter Disiplin, Siswa SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap karakter disiplin siswa kelas V sekolah dasar. Jenis Penelitian ini melalui pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini yakni kelas V yang berjumlah 60 siswa, teknik  pengambilan 5% maka sampel penelitian berjumlah 30 siswa dari kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi. Pengujian Instrumen menggunakan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji prasayarat yakni uji normalitas, linieritas, uji hipotesis dalam bentuk uji regresi linier sederhana. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap karakter disiplin siswa kelas V SD Negeri 29 Pekanbaru dengan kata lain hipotesis yang diajukan diterima. Sebagaimana total pengaruhnya yakni sebesar 68,1% dengan pengaruhnya bersifat positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulia, E. R. N., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak SD sebagai Bentuk Implementasi Pkn. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 43–53. https://ejournal.unisap.ac.id/index.php/edukasitematik/article/view/90

Aulina, C. N. (2013). Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini. Pedagogia, 2(1), 36–49. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.45

Dami, Z. A. (2016). Pengaruh Layanan Informasi Pribadi Sosial Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Cakrawala, 5(10), 856–869. https://osf.io/preprints/tknu4/

Fawaid, M. M. (2017). Implementasi Tata Tertib Sekolah dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa. Tamansiswa International Journal in Education and Science, 2(1), 9–19. https://doi.org/10.30738/tijes.v2i2.9939

Lestari, A., & Mustika, D. (2021). Analisis Program Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1577–1583. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.912

Mahmudi, A., Sulianto, J., & Listyarini, I. (2020). Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 122. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24435

Massie, A. Y., & Nababan, K. R. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Siswa. Satya Widya, 37(1), 54–61. https://doi.org/10.24246/j.sw.2021.v37.i1.p54-61

Mustika, D., & Dafit, F. (2019). Analisis Pemahaman Mahasiswa PGSD Terhadap Nilai Karakter Bangsa Analysis of PGSD Student ’ s Understanding of the Nation ’ s Character Value in Character Education Courses. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 92–104. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i1.106373

Permatasari, F., & Arianto, Y. (2022). Urgensi Kompetensi Kepribadian Guru Sebagai Upaya Pengembangan Karakter Siswa. IDEA : Jurnal Psikologi, 6(1), 76–83. https://doi.org/https://doi.org/10.32492/idea.v6i1.748

Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang. Pujangga, 1(2), 31. https://doi.org/10.47313/pujangga.v1i2.320

Puluhulawa, C. W. (2013). Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Meningkatkan Kompetensi Sosial Guru. Makara Human Behavior Studies in Asia, 17(2), 139. https://doi.org/10.7454/mssh.v17i2.2957

Ratna Ningrum, W. (2018). Pengaruh Peranan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri (Sdn) Di Kecamatan Bogor Barat. Jurnal Pendidikan, 17(2), 129–137. https://doi.org/10.33830/jp.v17i2.273.2016

Rini, E. S. (2016). Pengaruh perhatian orang tua dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar matapelajaran IPS. Jurnal Penelitian & Pendidikan IPS, 9(2), 1131–1149.

Setyawati, V., & Subowo. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga Dan Peran Guru Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 29–44.

Sobri, M., Nursaptini, N., Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Kultur Sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 61–71. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.26912

Downloads

Published

2023-01-31