Pengembangan Kelas Belajar Di Mana Saja (LECAS) Platform Untuk Pendidikan Akuntansi

Penulis

  • Akhmad Suyono Universitas Islam Riau
  • Purba Andy Wijaya Universitas Islam Riau
  • Andri Eko Prabowo Universitas Islam Riau
  • Cindy Lara Syarifah Putri Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(1).11998

Kata Kunci:

Kata Kunci: Berbasis Android, Platform Pembelajaran, Edukasi Ekonomi, model ADDIE, Learning Everywhere Class (LECAS)

Abstrak

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan platform kelas belajar online berbasis Web bagi mahasiswa pendidikan Akuntansi sehingga mereka dapat belajar di mana saja dan kapan saja. Desain pengembangan pada penelitian ini menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Produk ini diujicobakan pada 20 mahasiswa pendidikan Akuntansi angkatan 2019 dalam pengenalan mata kuliah Pengantar Akuntansi 2. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa memperoleh Keuntungan yaitu dapat langsung belajar dan mengetahui sejauh mana pemahamannya dengan mengikuti tes setelah mempelajari materi yang telah dibagikan. Melalui platform ini siswa dapat mempelajari materi dan mengevaluasi materi yang mereka baca di mana saja dan kapan saja. Kemudahan yang diberikan pada platform ini dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi pembelajaran dalam pendidikan Akuntansi

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Akhmad Suyono, Universitas Islam Riau

 

 

 

Purba Andy Wijaya, Universitas Islam Riau

 

 

Andri Eko Prabowo, Universitas Islam Riau

 

 

Cindy Lara Syarifah Putri, Universitas Islam Riau

 

 

 

Referensi

Alden, J. (2013). Mengakomodasi pembelajaran mobile dalam program perguruan tinggi, Journal of Asynchronous Learning Networks, vol. 17, tidak. 1, hlm. 109-122.

Chandrawati, S. . (2010). Pemanfaatan E- Learning dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 8(2), 101– 203.

Elkhateeb,Menna Et all. (2019). Sistem Pembelajaran Seluler Pendidikan Tinggi Mesir Menggunakan Pendekatan Berbasis Agile. Hindawi Education Research International 2019, ID Artikel 7531980, 13 halaman.https://doi.org/10.1155/2019/7531980

Efendi, N. (2019). REVOLUSI PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL (PENGGUNAAN ANIMASI DIGITAL PADA START UP SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN SISWA BELAJAR AKTIF). Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 2(2), 173-182. doi:http://dx.doi.org/10.20961/habitus.v2i2.28788

Huda, F., Putra, Y. I., Ridoh, A., & Hakiki. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Kelas X SMK Adzkia Padang. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 1–10.

Khanghah, M.F dan Halili, SH (2015). Perancangan dan Pengembangan Aplikasi Mobile Learning. Jurnal Online Pendidikan Jarak Jauh dan e-Learning, April 2015 Volume 3, Edisi 2.

Priwanto, Widyanesty, S., Fahmi., S., & Dwi Astuti. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Berbasis Kvisoft Dipadukan dengan Geogebra Pada Mata Kuliah Program Linier. Jurnal AdMatchEdu, 8, 49–58.

Palandi, JF, Aminah, S, dan Pudyastuti, SE (2017). Pengembangan Aplikasi Web E-Learning Pendidikan Anti Korupsi Menggunakan Moodle. Jurnal inovtek polbeng - seri informatika, vol. 2, tidak. 2 November 2017 ISSN: 2527-9866.https://media.neliti.com/ media/publications/256243-pengembangan-aplikasi-web-e-learning-unt-d0d6ba00.pdf . https://doi.org/10.35314/ isi.v2i2.204

Trifonova, A. dan M. Ronchetti. (2003). “Ke mana pembelajaran seluler akan pergi?” dalam Prosiding E-Learn: Konferensi Dunia tentang E-Learning di Perusahaan, Pemerintah, Kesehatan, dan Pendidikan Tinggi, Phoenix, AZ, USA

Zydney, JM dan Z. Warner. (2016). “Aplikasi seluler untuk pembelajaran sains: tinjauan penelitian,” Komputer & Pendidikan, vol. 94, hlm. 1–17.https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.11.001

Diterbitkan

2023-04-06

Cara Mengutip

Suyono, A., Wijaya, P. A., Prabowo, A. E., & Putri, C. L. S. (2023). Pengembangan Kelas Belajar Di Mana Saja (LECAS) Platform Untuk Pendidikan Akuntansi. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 14(1), 31–36. https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(1).11998
Received 2023-01-25
Accepted 2023-03-18
Published 2023-04-06

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama