PENGEMBANGAN BUKU LATIHAN SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG (BLSAPD) PADA MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI 1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS ISLAM RIAU

  • Akhmad Suyono Universitas Islam Riau
Keywords: Buku Latihan, Siklus Akuntansi dan Perusahaan Dagang

Abstract

Akuntansi adalah pelajaran yang dalam proses pembelajarannya berdiri sendiri tetapi dalam struktur kurikulumnya, merupakan bagian integral dari mata Mata Kuliah Dasar Program Studi yang nantinya akan menjadi bekal untuk mempelajari akuntansi pada tingkat selanjutnya. Berdasarkan observasi awal di pada mahasiswa pendidikan akuntansi pada semester 1 , masalah  pembelajaran akuntansi  yang muncul antara lain; (1) motivasi untuk belajar  mandiri berkurang karena, isi, bahasa, dan gambar dari buku teks tidak menarik, (2) motivasi mengerjakan tugas mandiri juga berkurang karena belum tersedianya media aplikatif untuk latihan akuntansi, dan (3) dosen mata pelajaran  masih kesulitan mencari, meramu dan mengkaitkan materi yang satu dengan yang lain, karena latihan soal hanya terbatas pada materi  yang ada di buku paket  saja.

Penilitian ini menggunakan model pengembangan bahan ajar yang disarankan oleh Thiagarajan, Semmel & Semmel (1974:5-9) adalah model 4-D. Model ini terdapat empat tahap pengembangan, yaitu define, Design, Develop dan Disseminate.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Uji instrumen menggunakan uji validitas ahli, uji perorangan dan uji kelompok kecil, teknik analisis datanya menggunakan analisis data kualitatif dan deskriptif. Karena penelitian ini merupakan pengembangan maka Hasil dalam Penelitian ini adalah produk bahan ajar. Draf prototipenya adalah (1) BLSAPD untuk mahasiswa (2) Pedoman BLSAPD untuk pegangan Dosen.

Berdasarkan rekapitulasi hasil uji kelompok kecil terhadap BPSAPD, untuk aspek tampilan dinyatakan dalam persentase sebesar 78,06% sehingga buku ini dinyatakan sangat menarik bagi mahasiswa, untuk aspek bahasa dinyatakan dalam persentase sebesar 87,37% sehingga buku ini dinyatakan sangat mudah dipahami oleh mahasiswa, sedangkan untuk aspek isi materi dinyatakan dalam persentase sebesar  89,65% dan dinyatakan buku ini dalam kategori sangat jelas.  Sehingga persentase hasil uji kelompok kecil secara keseluruhan dalah 78,06%+87,37%+89,65% / 3 = 84,66%. Dengan mengacu pada kriteria kelayakan produk pengembangan maka dapat dikatakan hasil uji kelompok kecil dikualifikasikan dalam kriteria valid dan praktis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-15
Abstract viewed = 43 times
PDF downloaded = 28 times