PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG KETERAMPILAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KUALITAS LAYANAN (Studi pada Guru SMAN 1 Blitar)

Authors

  • Sulistyowati - SMKN 1 Bandung Tulungagung

Keywords:

Persepsi Guru, Keterampilan Kepala Sekolah, Kualitas Layanan

Abstract

Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang bertugas untuk menghasilkan manusia yang memiliki kesanggupan dalam memecahkan masalah nasional dan memenangkan persaingan internasional. Kepala sekolah merupakan pemimpin sekolah senagai koordinator seluruh kemampuan tenaga kependidikan dalam menghasilkan layanan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah persepsi guru tentang keterampilan kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap kualitas layanan di SMAN 1 Blitar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi (explanatory research) untuk menguji hubungan antar variabel yang dihipotesiskan. Variabel dalam penelitian ini meliputi: persepsi guru tentang keterampilan kepemimpinan kepala sekolah (X) sebagai variabel bebas dan kualitas layanan (Y) sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMAN 1 Blitar, berdasarkan kriteria status guru sebagai pegawai negeri sipil sebanyak 77 guru. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Proses pengujian menggunakan software SPSS 14 dengan model statistik korelasi Product Moment Pearson. Hasil penelitian diketahui bahwa sebagian besar guru SMAN 1 Blitar mempunyai persepsi cukup baik tentang keterampilan kepemimpinan kepala sekolah yang ditunjukkan dengan skor rerata (mean) sebesar 116,91. Kualitas layanan di SMAN 1 Blitar mempunyai kualifikasi cukup baik yang ditunjukkan dengan skor rerata (mean) sebesar 99,71. Ada pengaruh positif antara persepsi guru tentang keterampilan kepemimpinan kepala sekolah (X) terhadap kualitas layanan (Y) yang ditunjukkan dari nilai Unstardardized Coefficient Beta sebesar 0,174 dan besarnya pengaruh dapat dilihat dari R2 sebesar 0,209. Dapat disimpulkan bahwa persepsi guru tentang keterampilan kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kualitas layanan di SMAN 1 Blitar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-01-17

How to Cite

-, S. (2023). PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG KETERAMPILAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KUALITAS LAYANAN (Studi pada Guru SMAN 1 Blitar). PEKA, 10(2), 86–91. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/11316

Issue

Section

Articles