KESULITAN GURU SMA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Authors

  • Mulgaidah
  • Sukarni

DOI:

https://doi.org/10.25299/peka.2020.vol8(1).12306

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kesulitan guru dalam perencanaan pembelajaran ekonomi sesuai dengan Kurikulum 2013 di Kabupaten Indragiri Hilir. (2) mendeskripsikan kesulitan guru dalam pelaksanaan pembelajaran ekonomi sesuai dengan Kurikulum 2013 di Kabupaten Indragiri Hilir. (3) mendeskripsikan kesulitan guru dalam  penilaian pembelajaran ekonomi sesuai dengan Kurikulum 2013 di Kabupaten Indragiri Hilir. (4) mendeskripsikan hal yang paling menyulitkan guru dalam pembelajaran ekonomi sesuai dengan  Kurikulum 2013 di Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru yang tergabung dalam MGMP Ekonomi di Kabupaten Indragiri Hilir sejumlah 47 guru. Pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik-deskriptif kemudian diinterprestasikan kedalam presentase sesuai kriteria indikator yang diukur. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pada tahapan perencanaan pembelajaran, tingkat kesulitan guru masuk kategori tidak sulit dengan nilai tingkat kesulitan secara umum termasuk kategori sedikit. (2) Pada tahapan pelaksanaan pembelajaran, tingkat kesulitan guru masuk  kategori cukup sulit dengan nilai tingkat kesulitan secara umum termasuk kategori sedikit. (3) Pada tahapan penilaian pembelajaran, tingkat kesulitan guru masuk kategori cukup sulit dengan nilai tingkat kesulitan secara umum masuk kategori sedikit. (4) Tahapan yang paling menyulitkan guru ekonomi berdasarkan Kurikulum 2013 di Kabupaten Indragiri Hilir adalah pada tahap pelaksanaan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Mulgaidah, & Sukarni. (2020). KESULITAN GURU SMA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. PEKA, 8(1). https://doi.org/10.25299/peka.2020.vol8(1).12306

Issue

Section

Articles