Author guidelines
JUDUL ARTIKEL
(TIMES NEW ROMAN 12, BOLD, HURUF BESAR, MAKSIMAL 15 KATA)
Penulis Pertama1, Penulis Kedua2, Penulis Ketiga3
(Times New Roman 12, Bold, spasi 1, spacing after 6 pt)
1Afiliasi Penulis petama (Instansi/Sekolah/Universitas), Alamat e-mail
2Afiliasi Penulis petama (Instansi/Sekolah/Universitas), Alamat e-mail
3Afiliasi Penulis petama (Instansi/Sekolah/Universitas), Alamat e-mail
(Times New Roman 12, spasi 1)
Abstrak
(Center, Times New Roman 12, Bold, spasi 1, spacing before 12 pt, after 2 pt)
Abstrak memuat uraian singkat mengenai masalah dan tujuan penelitian, metode yang digunakan, dan hasil penelitian. Tekanan penulisan abstrak terutama pada hasil penelitian. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan jumlah maksimal 250 kata. Pengetikan abstrak dilakukan dengan spasi tunggal. Abstrak ditulis dengan spasi 1, huruf 12 Times new roman. Kata kunci perlu dicantumkan untuk menggambarkan ranah masalah yang diteliti dan istilah-istilah pokok yang mendasari pelaksanaan penelitian. Kata-kata kunci dapat berupa kata tunggal atau gabungan kata. Jumlah kata-kata kunci 5-7 kata. Kata-kata kunci ini diperlukan untuk komputerisasi. Pencarian judul penelitian dan abstraknya dipermudah dengan kata-kata kunci tersebut.
Kata Kunci: Cantumkan maksimal tujuh kata kunci di sini, di pisahkan dengan tanda titik koma (,)
Abstract (English)
An abstranct is a brief summary of a research article, thesis, review, conference proceeding or any-depth analysis of a particular subject or disipline, and is often used to help the reader quickly ascertain the paper purposes. When used, an abstract always appears at the beginning of a manuscript or typescript, acting as the point-of-entry for any given academic paper or patent application. Absatrcting and indexing services for various academic discipline are aimed at compiling a body of literature for that particular subject. Abstract length varies by discipline and publisher requirements. Abstracts are typically sectioned logically as an overview of what appears in the paper.
Keywords:……………………
*🖂 Corresponding author: …………………
PENDAHULUAN
Pada umumnya pendahuluan menyajikan latar belakang dipilihnya tema atau judul artikel, signifikansi bahasan dalam artikel ini dan sistematika artikel pada umumnya. Ditulis dengan huruf 12 Times New Roman, rata kiri dan kanan, spasi 1. Ukuran kertas A4 dengan margin normal. Demi kemudahan bersama, hendaknya pola penulisan artikel mengikuti petunjuk yang disajikan dalam template ini. Jumlah halaman artikel minimal maksimal 17 halaman. Pada bagian pendahuluan ini penulis dapat menyajikan teori dan kajian empiris yang digunakan dalam menyusun logika berpikir dari topik yang diambil. Selain itu, penulis didorong untuk mengutip hanya dari referensi langsung. Bagian ini dapat mencakup pengembangan hipotesis yang diajukan untuk penelitian ini.
METODE PENELITIAN
Metode penelitian mendeskripsikan jenis penelitian, cara perolehan data dan analisis data. Dalam metode penelitian, tidak perlu mencatumkan definisi dari uji asumsi yang digunakan.
HASIL PENELITIAN
Bagian ini menyajikan hasil penelitian dan pembahasan hasil penelitian.
PEMBAHASAN
Berbagai implikasi baik teoritis maupun praktis hendaknya disampaikan di sini. Pembahasan merupakan bagian terpenting dari keseluruhan isi artikel ilmiah. Tujuan pembahasan adalah: Menjawab masalah penelitian, menafsirkan temuan-temuan, mengintegrasikan temuan dari penelitian ke dalam kumpulan pengetahuan yang telah ada dan menyusun teori baru atau memodifikasi teori yang sudah ada.
Gambar, Tabel, dan Persamaan Matematis
Gambar dan tabel yang diperlukan bisa ditampilkan di antara teks dengan posisi di tengah dan tidak melebihi margin naskah yang telah ditentukan. Masing-masing gambar dan tabel diberi nomor dan judul. Judul gambar diletakkan tepat di bawah gambar dengan nomor urut arab seperti contoh gambar 1, sedangkan judul tabel diletakkan tepat di atas tabel seperti contoh tabel 1.
Sumber: ….. (Tahun)
Gambar 1. Proyeksi Penjualan
Tabel atau gambar sebaiknya tidak terputus pada sebuah halaman kemudian bersambung di halaman berikutnya. Tabel atau gambar harus dideskripsikan dengan menyebutkan nomor tabel atau nomor gambar. Penjelasan atas tabel atau gambar diusahakan berada pada halaman yang sama dengan halaman di mana tabel atau gambar disajikan.
Tabel 1 Jumlah Siswa Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Siak Hulu
|
Jumlah Siswa |
Laki-laki |
Perempuan |
Kelas X |
50 |
10 |
40 |
Kelas XI |
40 |
20 |
20 |
Sumber: ….. (Tahun)
Jika naskah memuat persamaan matematis, penulisan persamaan ini hendaknya Microsoft Equation Editor atau the Math Type add-on (http://www.mathtype.com) for equations in your paper (Insert | Object | Create New | Microsoft Equation or Math Type Equation). “Float over text†hendaknya jangan dipilih. Persamaan matematis harus dideskripsikan dengan menyebutkan nomor persamaan. Penjelasan atas persamaan matematis diusahakan berada pada halaman yang sama dengan halaman di mana persamaan disajikan.
Q2=1-(1-R12) x (1-R22)………………(1)
KESIMPULAN
Bagian ini menyampaikan kesimpulan penelitian, keterbatasan penelitian, serta agenda penelitian berikutnya. Kesimpulan temuan dari penelitian dijelaskan secara singkat dan merupakan jawaban dari hipotesis yang dikemukakan dalam latar belakang. Hindari penyajian angka-angka statistik yang telah dikemukakan dalam hasil dan pembahasan. Pada bagian ini bisa juga tambahkan implikasi praktis (practical implication) dan keterbatasan penelitian (limitation).
UCAPAN TERIMAKASIH
Ucapan terima kasih hanya dituliskan jika dianggap penting untuk ditulis seperti terkait sumber pendanaan (funding), akses data dan pembimbingan. pihak lain yang membantu terselesaikannya penulisan paper.
Cara Mengutip
Kutipan dalam Teks
Gunakan nama penulis diikuti tahun penerbitan. Sebagai contoh:
1 penulis (Hwang, 2021)
2 penulis (Angraini & Wahyuni, 2021)
3 atau lebih penulis (Brković et al., 2021)
DAFTAR PUSTAKA
Daftar Pustaka menggunakan style APA (American Psychological Association).
Cara menulis daftar pustaka
Satu penulis:
Hwang, S. (2021). The Mediating Effects of Self-Efficacy and Classroom Stress on Professional Development and Student-Centered Instruction. International Journal of Instruction, 14(1), 1-16. https://doi.org/10.29333/iji.2021.1411a
Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of educational objectives, the classification of educational goals, handbook I: Cognitive Domain. David McKay Company.
Forehand, M. (2005). Bloom’s taxonomy: Orginal and revised. In Emerging Persceptives on Learning, Teaching, and Technology. Retrieved 29 March, 2010 from http://eit.tamu.edu/JJ/DE/BloomsTaxonomy.pdf
Dua Penulis:
Biggs, J., B. & Collis, K. (1982). Evaluating the quality of learning: the SOLO taxonomy. Academic Pres.
Eggen, P., & Kauchak, D. (2001). Educational psychology: Windows on classrooms. Merrill.
Erden, M., & Akman, Y. (1996). Egitim psikolojisi [Educational psychology]. Arkadas Yayınevi.
Angraini, L. M. & Wahyuni, A. (2021). The Effect of Concept Attainment Model on Mathematical Critical Thinking Ability. International Journal of Instruction, 14(1), 727-742. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14144a
O’Neill, G., & Murphy, F. (2010). Guide to taxonomies of learning. UCD Teaching and Learning/Resources, Retrieved 01 November, 2010 from http://www.ucd.ie/t4cms/ucdtla0034.pdf
Tiga atau lebih penulis
Brković, V., Kardum, R. B., & Togonal, M. (2021). Language Competences in the Contemporary Teaching of History as a Prerequisite for a Successful Teaching Process. International Journal of Instruction, 14(1), 427-444. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14125a