PENGARUH KETERAMPILAN VARIASI STIMULUS GURU TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI EKONOMI DI SMA YLPI PEKANBARU

  • Tias Dwi Utami
  • Nurhuda Nurhuda

Abstract

Abstrak

Pengamatan di SMA YLPI Pekanbaru pada pelajaran ekonomi terlihat bahwasanya guru dalam melaksanakan kegiatan belajar belum banyak menggunakan variasi gerak, variasi media dan variasi berinteraksi. Hal ini mengakibatkan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran kurang maksimal dan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan variasi stimulus guru terhadap aktivitas belajar siswa pada bidang studi ekonomi di SMA YLPI Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Dalam penelitian ini dilakukan dua kali observasi, yaitu sebelum perlakuan (Y1) dan setelah diberi perlakuan (Y2). Perbedaan antara Y1 dengan Y2 yakni Y2-Y1 diasumsikan merupakan efek treatmen atau eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan keterampilan variasi stimulus guru dengan siswa kelas eksperimen yang diterapkan keterampilan variasi stimulus guru kelas XI SMA YLPI Pekanbaru. Hal ini diketahui dari hasil analisis thitung>ttabel yaitu 4,676>2.045.

 

Kata Kunci: Keterampilan Variasi Stimulus Guru, Aktivitas Belajar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-30
How to Cite
Utami, T. D., & Nurhuda, N. (2019). PENGARUH KETERAMPILAN VARIASI STIMULUS GURU TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI EKONOMI DI SMA YLPI PEKANBARU. PEKA, 7(2). Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/4652
Section
Articles
Abstract viewed = 14 times
Pdf downloaded = 23 times

Most read articles by the same author(s)