A Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Singingi

dilanuryati93,author,JURNAL_DILA(1).doxt(4)

  • Dila Nuryati UIR
  • Abdurrahman -
  • Rezi Ariawan UNIVERSITAS ISLAM RIAU
Keywords: kesiapan belajar, hasil belajar matematika

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Singingi.Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Singingi sebanyak 26 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah kesiapan belajar sebagai variable X dan hasil belajar sebagai variabel Y. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik angket, dokumentasi dan observasi.Teknik analisis data adalah analisis data deskriptif, analisis korelasi dan koefisien determintasi (r2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi antara kesiapan belajar dengan hasil belajar matematika SMP kelas VIII SMP Negeri 1 Singingi adalah kuat yaitu sebesar 0,68. Kemudian terdapat korelasi yang signifikan antara variabel kesiapan belajar dengan hasil belajar matematika dengan nilai r hitung = 0,68 dan r tabel = 0,388. Hal ini berarti r hitung> r tabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Singingi. Korelasi antara variabel kesiapan belajar dan hasil belajar adalah cukup kuat. Kontribusi kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 46,2%.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Abdurrahman -

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Singingi. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi
eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VIII di SMP Negeri 1 Singingi sebanyak 26 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah
kesiapan belajar sebagai variable X dan hasil belajar sebagai variabel Y. Pengumpulan data dalam
penelitian ini dilakukan dengan teknik angket, dokumentasi dan observasi.Teknik analisis data
adalah analisis data deskriptif, analisis korelasi dan koefisien determintasi (r
). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa korelasi antara kesiapan belajar dengan hasil belajar matematika SMP kelas
VIII SMP Negeri 1 Singingi adalah kuat yaitu sebesar 0,68. Kemudian terdapat korelasi yang
signifikan antara variabel kesiapan belajar dengan hasil belajar matematika dengan nilai r
=
0,68 dan r
tabel
= 0,388. Hal ini berarti r
hitung
> r
tabel
sehingga H
0
ditolak dan H
diterima. Dengan
demikian disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara kesiapan belajar terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Singingi. Korelasi antara variabel kesiapan belajar
dan hasil belajar adalah cukup kuat. Kontribusi kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa
sebesar 46,2%.
Kata Kunci: Kesiapan Belajar, Hasil Belajar Matematika.

Rezi Ariawan, UNIVERSITAS ISLAM RIAU

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Singingi. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi
eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VIII di SMP Negeri 1 Singingi sebanyak 26 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah
kesiapan belajar sebagai variable X dan hasil belajar sebagai variabel Y. Pengumpulan data dalam
penelitian ini dilakukan dengan teknik angket, dokumentasi dan observasi.Teknik analisis data
adalah analisis data deskriptif, analisis korelasi dan koefisien determintasi (r
). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa korelasi antara kesiapan belajar dengan hasil belajar matematika SMP kelas
VIII SMP Negeri 1 Singingi adalah kuat yaitu sebesar 0,68. Kemudian terdapat korelasi yang
signifikan antara variabel kesiapan belajar dengan hasil belajar matematika dengan nilai r
=
0,68 dan r
tabel
= 0,388. Hal ini berarti r
hitung
> r
tabel
sehingga H
0
ditolak dan H
diterima. Dengan
demikian disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara kesiapan belajar terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Singingi. Korelasi antara variabel kesiapan belajar
dan hasil belajar adalah cukup kuat. Kontribusi kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa
sebesar 46,2%.
Kata Kunci: Kesiapan Belajar, Hasil Belajar Matematika.

Published
2019-07-08
Section
Articles
Abstract viewed = 736 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>