Model Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Materi Bentuk Aljabar

Authors

  • atika fitriani fitriani UIR
  • Rezi Ariawan
  • Astri wahyuni

Keywords:

Aktivitas Belajar, Matematika, Pembelajaran Kooperatif, Student Team Achievement Division (STAD).

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran matematika kelas VII SMPN 2 Kelayang pada materi Bentuk Aljabar. Metode penelitian ini dilakukan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Pengambilan data dilakukan belangsung pada tanggal 31 Oktober 2018 sampai dengan 28 November 2018 yang terdiri dari 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik pegamatan dan teknik angket. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif berupa aktivitas guru dan siswa dan analisis data kantitatif berupa angket aktivitas belajar matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar matematika siswa kelas VII SMPN 2 Kelayang. Hal ini terlihat dari hasil angket aktivitas belajar matematika sebelum tindakan dilakukan adalah 58,10%, sesudah siklus I adalah 67,21% dan sesudah siklus II adalah 78,55%. Dari hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatan aktivitas belajar matematika siswa kelas VII SMPN 2 Kelayang.

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2020-02-24

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>