PENGARUH PEMANFAATAN WAKTU BELAJAR, PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA JURUSAN AKUNTANSI DI SMK LABOR BINAAN FKIP UNRI

Main Article Content

Maya Yulia Eka Putri Nurhuda Nurhuda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan waktu belajar, pemanfaatan fasilitas belajar dan motivasi terhadap hasil belajar siswa jurusan akuntansi di SMK Labor Binaan FKIP UNRI. Pada penelitian ini terdapat empat variabel yaitu  pemanfaatan waktu belajar (X1), pemanfaatan fasilitas belajar (X2), motivasi (X3) dan hasil belajar (Y). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan akuntansi di SMK Labor Binaan FKIP UNRI yang berjumlah 182 siswa dengan menggunakan rumus Slovin diketahui jumlah sampel pada penelitian ini adalah 126 siswa, data diperoleh menggunakan kuisioner yang terdiri dari 34 butir pernyataan sementara analisis data menggunakan regresi bergandadengan bantuan SPSS


Hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa  ada pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan waktu belajar, pemanfaatan fasilitas belajar dan motivasi terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis menunjukan bahwa Fhiting  13,433  > Ftabel 3,069 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05,maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kontribusi yang diberikan sebesar 23 %, sedangkan sisanya sebesar 77% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.

Article Details

How to Cite
PUTRI, Maya Yulia Eka; NURHUDA, Nurhuda. PENGARUH PEMANFAATAN WAKTU BELAJAR, PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA JURUSAN AKUNTANSI DI SMK LABOR BINAAN FKIP UNRI. PEKA, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 30-42, feb. 2018. ISSN 2598-3253. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/1182>. Date accessed: 20 apr. 2018.
Section
Articles