PENGARUH KOMPETENSI GURU EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU

  • T Ummi Salamah
  • Nurhuda Nurhuda

Abstract

Abstrak

            Kompetensi keguruan erat kaitannya dengan hasil belajar. Salah satu faktor yang mempengaruh hasil belajar adalah kompetensi guru, yang terdiri dari empat kompetensi keguruan : (1) kompetensi pedagogik, (2) kompetensi kepribadian, (3) kompetensi sosial, (4) kompetensi professional. Begitu pula dengan hasil belajar ekonomi.

 

            Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh masing-masing kompetensi keguruan (kompetensi pedagogik X1, kompetensi kepribadian X2, kompetensi sosial X3, dan kompetensi professional X4) terhadap hasil belajar siswa Y. dan seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini dilaksanakan bulan juli 2016, populasi dalam penelitian ini adalah SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru dengan sampel adalah kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru yang berjumlah 80 orang. Pengumpulan data data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara, untuk melihat apakah ada pengaruh kompetensi guru ekonomi terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru yang diwakili oleh 16 indikator.

 

            Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh kompetensi sosial guru ekonomi terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru sebesar 85,0%.

 

Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, dan Kompetensi Profesional Guru Ekonomi. Hasil Belajar Ekonomi Siswa

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-28
How to Cite
Salamah, T. U., & Nurhuda, N. (2018). PENGARUH KOMPETENSI GURU EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU. PEKA, 6(2), 110-125. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/2742
Section
Articles
Abstract viewed = 36 times
Pdf downloaded = 17 times

Most read articles by the same author(s)