IMPLEMENTASI SISTEM FULL DAY SCHOOL TAHUN AJARAN 2017/2018 (STUDI KASUS SMA NEGERI 8 PEKANBARU)

  • Eka Dewi Triani
  • Nurhuda Nurhuda

Abstract

Abstrak

Maju atau tidaknya suatu negara dipengaruhi oleh faktor pendidikan. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, pemerintah menerapkan sistem full day school. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa, guru dan orangtua terhadap implementasi full day school di SMA Negeri 8 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari para informan dan arsip dokumentasi. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, dokumentasi, wawancara, dan kuesioner, dengan peneliti sebagai instrumen utama. Hasil penelitian di SMA Negeri 8 Pekanbaru disimpulkan sebagai berikut; 1) Masih banyak guru, siswa dan orangtua yang kurang paham tentang full day school; 2) Kurangnya sarana dan prasarana di SMA Negeri 8 Pekanbaru untuk menunjang pelaksanaan full day school; 3) Pemanfaatan waktu yang tidak sesuai dengan ketentuan full day school. Oleh sebab itu, perlu dilakukan sosialisasi yang lebih intensif kepada guru, siswa, dan orangtua mengenai full day school, agar full day school dapat terlaksana dengan baik.

 

Kata Kunci: Implementasi Full Day School

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-30
How to Cite
Triani, E. D., & Nurhuda, N. (2019). IMPLEMENTASI SISTEM FULL DAY SCHOOL TAHUN AJARAN 2017/2018 (STUDI KASUS SMA NEGERI 8 PEKANBARU). PEKA, 7(1). Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/4646
Section
Articles
Abstract viewed = 9 times
Pdf downloaded = 8 times

Most read articles by the same author(s)