KEGIATAN MEMBUKA DAN MENUTUP PEMBELAJARAN DIPROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS ISLAM RIAU

  • Anisa Dameria Lubis
  • Nurhuda Nurhuda

Abstract

Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran merupakan keterampilan dasar mengajar yang harus dikuasai bagi pendidik agar dapat mencapai tujuan pembelajaran secara efektif, efisien dan menarik. Keterampilan membuka pembelajaran merupakan upaya pendidik dalam memberikan pengantar atau pengarahan mengenai materi yang akan dipelajari peserta didik sehingga siap dan tertarik mengikuti pembelajaran. Sedangkan keterampilan menutup pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang dilakukan pendidik untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap materi yang telah dipelajari.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kegiatan membuka dan menutup pembelajaran di Program Studi Pendidikan Akuntansi. Penelitian ini di rancang dengan menggunakan rancangan kualitatif dengan model Fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah Dosen Pendidikan Akuntansi yang berjumlah 9 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara dan dokumentasi, dengan  peneliti sebagai instrument utama. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis data Miles dan Huberman. Terdapat tiga tahap analisis yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, Kegiatan membuka dan menutup pembelajaran memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran. Membuka pembelajaran berperan untuk menciptakan kondisi siap belajar bagi peserta didik. Dan menutup pembelajaran berperan untuk memberikan gambaran secara menyeluruh tentang pembelajaran dan tujuan pembelajaran. Kegiatan membuka dan menutup pembelajaran yang dilakukan setiap pendidik bervariasi menurut caranya masing-masing dan sesuai dengan jenis mata kuliah dan juga metode yang digunakan dalam pembelajaran. Kegiatan membuka dan menutup sudah dilaksanakan dalam proses pembelajaran namun masih ada komponen-komponen dalam membuka dan menutup pembelajaran yang belum diterapkan pada setiap pembelajaran.

 

Kata kunci: Keterampilan dasar mengajar, kegiatan membuka dan menutup pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-07-31
How to Cite
Lubis, A. D., & Nurhuda, N. (2017). KEGIATAN MEMBUKA DAN MENUTUP PEMBELAJARAN DIPROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS ISLAM RIAU. PEKA, 4(2), 100-113. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/493
Section
Articles
Abstract viewed = 166 times
Pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)