ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN METODE BALANCE SCORECARD PADA UNIT USAHA SYARIAH PT ASURANSI ADIRA DINAMIKA,TBK

  • Eko Suryawadi Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan
  • Jafril Khalil Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan
Keywords: Asuransi Syariah, Kinerja Perusahaan, Balance Scorecard

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganilisis kinerja perusahaan dengan menggunakan metode balanced scorecard pada Unit Usaha Syariah PT. Asuransi Adira Dinamika, Tbk berdasarkan pengolahan data primer dan sekunder berupa laporan keuangan perusahaan dari tahun 2016 sampai dengan 2019 dan data primer yang berupa hasil kuesioner mengacu pada rumusan masalah dan tujuan penelitian. Desain penelitian ini kuantitatif deskriptif untuk mengetahui kinerja unit usaha syariah PT. Asuransi Adira Dinamika,Tbk, dari 4 (empat) perspektif yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal serta pembelajaran dan pertumbuhan dengan pendekatan metode balanced scorecard. Dari perspektif keuangan kinerja perusahaan secara umum sangat baik dan perusahaan dalam kategori sehat. Dari perspektif pelanggan secara umum sangat baik, tingkat kepuasan pelanggan mencapai target 88,2%. Dari perspektif proses bisnis internal secara umum sangat baik, tingkat kepuasan proses bisnis di internal perusahaan mencapai target 84,8%. Dan dalam perspektif pembelajaran dan pertumbuhan pencapaian target kepuasan sumber daya manusia di dalam perusahaan 87,2%. Dengan hasil kinerja yang sangat baik ini memacu manajemen untuk mengembangkan unit usaha syariah menjadi perusahaan asuransi yang unggul dan kompetitif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusti, Netta. 2018. The Balanced Scorecard: Maksimalisasi Empat Perspektif Strategis Asuransi Syariah. JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam), 3(1), p. 120-134.

Alimudin, A. 2017. Analisis Pencapaian Strategi Menggunakan Balanced Scorecard. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 5(2), 194-205.

Darmawan, P.S. Saraswati, D.P., & Suamba, K. 2017. Analisis Kinerja Perusahaan CV. Bali Indah dengan Metode Balanced Scorecard. Jurnal Manajamen Agribisnis, 5(1), p. 45-63.

Dewan Syariah Nasional MUI. 2001. Fatwa DSN-MUI No.21/DSN-MUI/X/2001 tentang Pedoman Umum Asuransi Syariah.

Hanuma, S. 2011. Analisis Balance Scorecard Sebagai Alat Pengukur Kkinerja Perusahaan (Studi Kasus pada PT. Astra Honda Motor). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Hery. 2016. Balanced Scorecard For Business. Grasindo. Jakarta.

Kuniasari, Verni., & Memarista, Gesti. 2017. Analisis Kinerja Perusahaan menggunakan Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada PT. Adiya Sentana Agro). AGORA, 5(1).

Nurfadila, S., Hidayat, R. R., & Sulasmiyati, S. 2015. Analisis Rasio Keuangan dan Risk Based Capital untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan Asuransi. Jurnal Administrasi Bisnis. Universitas Brawijaya. 22(1).

Putra, Rizki Eka. 2014. Analisis Kinerja Perusahaan dengan Metode Balance Scorecard (studi kasus pada PT. Putra Tidar Perkasa). Jurnal Measurement, 8(1), p. 37-50.

Styaningrum, Farida., Sulistyadi, Kohar., Riani, Asri Laksmi. 2014. Analisis Kinerja Perusahaan dengan Metode Balanced Scorecard pada Kusuma Sahid Prince Hotel Surakarta. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, 3(1), p. 32-43.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). CV Alfabeta. Bandung.

Yazid, B, Ahmad. 2019. Analisis Balance Scorecard dalam menilai kerja PT. Asuransi Ramayana Unit Syariah untuk melakukan spin off paling lambat tahun 2024. Tesis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Published
2021-09-28
Abstract viewed = 206 times
PDF downloaded = 115 times