ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PENGGUNA MEDIA SOSIAL MEMBAYAR ZAKAT INFAK SEDEKAH NON TUNAI

Authors

  • Fathya Fikri Izzuddin Sekolah Kajian Stratejik dan Global, Universitas Indonesia
  • Ibrahim Kholilul Rohman Sekolah Kajian Strategik dan Global, Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2022.vol5(2).11250

Keywords:

Zakat Infak Sedekah, Theory of Planned behaviour, Technology Acceptance Model, Regresi Probit, Structural Equation Modelling

Abstract

Perkembangan teknologi yang ada saat ini telah memberikan manfaat di berbagai sektor kehidupan, tak terkecuali sektor ekonomi dan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi keputusan seseorang pengguna media sosial dalam membayar Zakat Infak Sedekah (ZIS) digital (non tunai) melalui lembaga zakat. Keputusan pengguna media sosial ini akan didasari kepada Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB). Hasil analisa menggunakan SEM menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara variabel Sikap, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Persepsi Kegunaan terhadap keputusan pengguna media sosial membayar ZIS dengan cara non tunai dan melalui lembaga zakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afroh, Ibna Kamilia Fiel Ibna., & Sartika, Aprilia. 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Muzaki Membayar Zakat Pada Lazismu Kabupaten Jember. JIAI (Jurnal Ilmiah Akuntansi Indonesia), 4(1), p. 30-41.

Ajzen, Icek. 1991. The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior And Human Decision Processes, 50(2), p. 179-211.

Allcott, Hunt., Braghieri, Luca., Eichmeyer, Sarah., Gentzkow, Matthew. 2020. The Welfare Effects of Social Media. American Economic Review, 110(3), p. 629–676.

Bungin, Burhan. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif (Cetakan Ketujuh). Penerbit Kencana. Jakarta.

Davis, Fred. 1988. User Acceptance Of Information Systems : The Technology Acceptance Model (TAM). Working Paper, Division of Research School of Business Administration University of Michigan.

Faizin, Afwan., Soleh, Badrus., Thohari, Fuad., Ali, Hasan., Subchi, Imam., Azizy, Jauhar., Sirin, Khaeron., Khamami., & Maksum, Muhammad. 2018. Fikih Zakat On SDGS. BAZNAS RI. Jakarta.

Florenthal, Bela. 2019. Young Consumers’ Motivational Drivers of Brand Engagement Behavior on Social Media Sites. Journal of Research in Interactive Marketing, 13(3), p. 351-391.

Kasri, Rahmatina Awaliah., & Yuniar, Adela Miranti. 2021. Determinants of Digital Zakat payments : Lessons from Indonesian Experience. Journal of Islamic Accounting and Business Research, 12(3), p. 362-37.

Nubahai, Labib. 2019. Pengaruh Perilaku dan Pengatahuan Muzakki Terhadap Intensi Membayar Zakat Melalui Platform Zakat Online. Tesis, Program Studi Kajian Timur Tengah dan Islam Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia.

Omoge, Akinyemi Paul., Gala, Prachi., & Horky, Alisha. 2022. Disruptive Technology and AI in The Banking Industry of An Emerging Market. International Journal of Bank Marketing, 40(6), p. 1217-1247.

Prihandoko., & Siahaan, Muhammad Doni Lesmana. 2019. Mengukur Tingkat Kepercayaan Sistem Zakat Online Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) di Kalangan Masyarakat Kampus. Jurnal Teknik Dan Informatika, 6(1), p. 18-24.

Qardawi, Yusuf. 1988. Hukum Zakat. (Cetakan Pertama). (S. Harun, D. Hafidhuddin, Hasanuddin, Terjemahan). Litera Nusantara. Jakarta.

Roziq, Ahmad., Sulistiyo, Agung Budi., Shulthoni, Moch., & Anugerah, Eza Gusti. 2021. An Escalation Model of Muzakki’s Trust and Loyalty Towards Payment of Zakat at Baznas Indonesia. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(3), p. 551-559.

Suharyadi, Purwanto. 2011. Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern Buku 2. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Sunarto, Andang. 2017. Statistik untuk Ekonomi dan Bisnis Islam. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-12-18