Dinamika Self-Compassion Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Aktivis Organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Universitas Muhammadiyah Riau
DOI:
https://doi.org/10.25299/jicop.v3i1s.12369Keywords:
Self-Compassion, mahasiswaAbstract
Self-Compassion adalah sikap kasih sayang kepada diri sendiri saat menghadapi kesulitan, pemahaman bahwa kesulitan dan ketidaksempurnaan adalah bagian hidup setiap manusia, kemampuan individu untuk memahami emosi yang dirasakan, pendekatan yang logis dan introspeksi diri ketika dihadapkan pada sebuah permasalahan. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai dinamika Self-Compassion pada mahasiswa tingkat akhir aktivis organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Universitas Muhammadiyah Riau. Jenis penelitian kualitatif yang digunakan adalah fenomenologi dan naratif. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara semi-terstruktur dan observasi non-partisipan. Subjek terdiri dari lima orang yang diambil berdasarkan kriteria yaitu mahasiswa semester akhir dan aktivis organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah UMRI. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, mahasiswa tingkata akhir aktivis organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah UMRI memiliki Self-Compassion, yang ditunjukkan dengan sikap Self-Kindness, Common Humanity, dan Mindfulness. Faktor-faktor terbentuknya Self-Compassion pada mahasiswa tingkat akhir aktivis organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah UMRI adalah motivasi, religiulitas, dan lingkungan.
Downloads
References
Afriadi. (2018). Peran Majelis Taklim Dalam Pemberdayaan Masyarakat Islam Desa Payebenua Kecamatan Mendo Barat Bangka Belitung. Tesis, UIN Raden Intan Lampung.
Fitriani, A. (2016). Peran Religiulitas Dalam Meningkatkan Psychological Well Being. Al-Adyan Jurnal Studi Lintas Agama. 11(1), 1-24.
Halim, R. A. (2015). Pengaruh Self-Compassion Terhadap Subjective Well-being Pada Mahasiswa Asal Luar Jawa Tahun Pertama Universitas Negeri Semarang. Skripsi. Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Hasibuan, F. W. & Etika, N. (2016). Deskripsi Masalah Mahasiswa Yang Sedang Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Kopasta, 3(1), 30-52.
Hidayati, F. (2018). Penguatan Karakter Kasih Sayang “Self-Compassion” Melalui Pelatihan Psikodrama. Prosiding Seminar Psikologi, 93-102.
Neff, K. D. (2011). Self-compassion, self-esteem, and well-being. Social and Personality Psychology Compass, 5(1), 1–12.
Neff, K. D. & Germer, C. (2017). Self-Compassion and Psychological Wellbeing. Oxford Handbook of Science, 27, 1-42.
Neff, K.D. (2016). The Self-Compassion Scale Is a Valid and Theoretically Coherent Measure of Self-Compassion. Mindfulness, 7, 264-274.
Neff, K. D. (2018). Setting the Record Straight About the Self-Compassion Scale. Mindfulness, 10(1), 200-202.
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Bahasa Indonesia. Surakarta.
Mistiani. (2021). Self-Compassion Shadow Teacher. Skripsi. Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Miswar. (2008). Konsep Tawakkal Dalam Islam. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN SU Medan.
Rosita & Nugroho, A. (2019). Peranan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Dalam Membentuk Karakter Islami Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Pendidikan Agama Islam, 203-216.
Salim & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.
Prihartanta, W. (2015). Teori-Teori Motivasi. Jurnal Adabiya, 1(83), 1-11.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Copyrights of all materials published in Journal of Islamic and Contemporary Psychology (JICOP) are freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.