Kebahagiaan di Tempat Kerja pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia

Authors

  • Elfrida Khoerunnisa Mahasiswa Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia, Indonesia.
  • Arief Fahmie Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.25299/jicop.v3i1s.12366

Keywords:

Adversity Quotient, Kecemasan dalam menyelesaikan skripsi

Abstract

Wabah Covid-19 di Indonesia menyebar begitu cepat sejak tahun 2020 dan menyebabkan adanya masa pandemi. Selama masa pandemi diberlakukan, banyak dari masyarakat yang belum bisa mencapai kebahagiaan di tempat kerjanya. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk menjelaskan mengenai tingkat kebahagiaan di tempat kerja bagi para pekerja selama masa pandemi Covid-19, faktor yang mempengaruhinya, dan bentuk intervensi yang dapat dilakukan pada masa pasca pandemi Covid-19 untuk mempertahankan dan meningkatkan perasaan bahagia di tempat kerja. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah literatur review. Dari hasil peneltian, ditunjukkan bawah terdapat sejumlah pekerja yang memiliki kebahagiaan di tempat kerja pada taraf rendah selama masa pandemi Covid-19. Mereka yang dapat mencapai perasaan bahagia di tempat kerja, dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti lingkungan kerja yang baik, hubungan baik dengan rekan kerja, serta pengelolaan emosi dan suasana hati. Selain itu dapat juga disebabkan karena individu dapat menikmati pekerjaannya, adanya jaminan kesehatan dan keselamatan kerja, serta kebijakan dan protokol kesehatan yang jelas. Untuk bisa meningkatkan dan mempertahankan kebahagiaan di tempat kerja pada para pekerja, diberikan beberapa saran intervensi yang dapat dilakukan di masa pasca pandemi Covid, seperti intervensi, dengan pelatihan kebersyukuran dan problem-focused coping, serta outbound dengan seluruh pekerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwisol. (2006). Psikologi Kepribadian (Edisi Revisi). UUM Press.

Azhari, T. Riki. (2016). Hubungan regulasi diri dengan kecemasan menghadapi dunia kerja pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Syiah Kuala. Skripsi. Prodi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

Calhoun, J. F, & Acocella, J. R. (1990). Psychology of Adjustment and Human Relationship. New York; McGraw-Hill.

Fitriany, Rany. (2008). Hubungan Adversity Quotient dengan Kemandirian pada Mahasiswa Perantauan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Diunduh dari file:///C:/Users/User/Downloads/Documents/adversity%20quotion%20dan%20kecemasan/RANY%20FITRIANY-PSI.pdf

Nevid, J.S., Rathus, S.A., Greene, B. (2003). Psikologi Abnormal. Jakarta: Erlangga.

Puspitasari, R.T. (2013). Self Consept dengan Adversity Quotient pada kepala keluarga difabel tuna daksa. Jurnal Psikologi. Vol. 01 No. 01.

Rachmady, T M Noor. (2017). Hubungan antara adversity quotient dengan kecemasan menghadapi dunia kerja pada fresh graduate Universitas Syiah Kuala. Skripsi. Prodi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

Stoltz, P.G. (2000). Adversity Quotient, mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: Grasindo.

Utami, Hardjono, dan Karyanta. (2014). Hubungan antara Optimisme dengan Adversity Quotient pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Uns yang Mengerjakan Skripsi. Jurnal Ilmiah Candrajiwa. Volume 2, nomor 5.

Yudha, A.K. (2013). Hubungan Kecemasan Menghadapi Skripsi dengan Penggunaan Media Online: Facebook pada mahasiswa Keperawatan S1 di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Naskah Publikasi.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Khoerunnisa, E., & Fahmie, A. (2023). Kebahagiaan di Tempat Kerja pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Journal of Islamic and Contemporary Psychology, 3(1s), 250–260. https://doi.org/10.25299/jicop.v3i1s.12366