Stress dan Strategi Coping pada Mahasiswa yang Bertempat Tinggal di Pondok Pesantren

Authors

  • Nurul Izah Faculty of Psychology and Health, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia.
  • Dewi Khurun Aini Faculty of Psychology and Health, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia.
  • Baidi Bukhori Faculty of Psychology and Health, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.25299/jicop.v3i1s.12364

Keywords:

Strategi, Coping, Stres, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan stres dan strategi coping pada mahasiswa yang bertempat tinggal di Pondok Pesantren Tahaffudzul Qur’an Putri Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis melalui tahapan analisis Amadeo Giorgi. Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling, dengan karakteristik: mahasiswa yang bertempat tinggal di Pondok Pesantren Tahaffudzul Qur’an Putri Semarang, berjenis kelamin wanita, dan yang berusia sekitar 18 – 25 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan gambaran dari stres yang dialami oleh mahasiswa yang bertempat tinggal di pondok pesantren mulai dari sumber stres, tingkat stres yang dialami, dan dampak yang ditimbulkan dari stres itu sendiri. Stres yang dialami oleh mahasiswa dikarenakan oleh adaptasi, ketidakmampuan untuk membagi waktu, terlebih lagi bagi santri yang menjabat menjadi pengurus di pondok di mana beban yang dirasakan ketika harus menjadi panutan saat diminta ngabdi dengan menjadi pengurus di pondok pesantren, juga adanya tuntutan akademik, dan tuntutan dari orang tua. Mayoritas dari mereka berada pada tingkat stres sedang yang mana tidak berlangsung lama. Dampak stres yang ditimbulkan berupa pusing, sakit kepala, sakit perut, kelelahan fisik, sulit konsentrasi, sulit tidur, mudah kaget, dan tidak nafsu makan. Coping stres yang dilakukan ialah menggunakan dua bentuk coping, yaitu emotion-focused coping dan problem- focused coping. Pada bagian emotion-focused coping, upaya untuk mengalihkan rasa stresnya menggunakan membaca Al – Qur’an, membaca buku tasawuf, mendengarkan murottal, serta sholawat yang mana lebih kepada pendekatan spiritual informan. Sedangkan pada problem-focused coping yang digunakan berupa sholat tahajud dan berdoa, serta mencari solusi atau nasihat dengan bercerita kepada ustadzah di pondok, sebagai upaya mencari bantuan untuk meredakan stres yang dialami oleh informan, penyelesaian stres yang lain yaitu menjaga waktunya dengan sebaik – baiknya dan tidak menyia – nyiakan sedikitpun seperti mengurangi scrolling tiktok, tidak nongkrong, dan hal – hal yang tidak bermanfaat lainnya untuk menjaga waktu dan memudahkan informan dalam mengelola waktu dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan menjadi bahan, informasi, dan masukan bagi mahasiswa, santri, tenaga pengajar, para peneliti selanjutnya, dan semua pihak, terutama dalam menghadapi stres dan menetralisir stresnya juga agar senantiasa meningkatkan kualitas penelitian di masa mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M., & Nufus, H. (2019). Motivasi Orang Tua Menyekolahkan Anaknya di Pesantren Sebagai Sarana Pembinaan Akhlak (Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah Dusun Oli Desa Hitu Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah). Kuttab: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 1–13. https://jurnal.iainambon.ac.id/index.php/kjim/article/download/880/594

Adnan Syarif. (2002). Psikologi Qur’ani. Pustaka Hidayah.

Al-Qur’an Al-Quddus (VI). (2014). CV.Mubarokatan Thoyyibah.

Alfinuha, S., & Nuqul, F. L. (2017). Bahagia dalam Meraih Cita-cita: Kesejahteraan Subjektif Mahasiswa Teknik Arsitektur Ditinjau dari Regulasi Emosi dan Efikasi Diri. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 2(1), 12–28. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21580/pjpp.v2i1.1357

Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran tingkat stres mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 5(1), 40–47.

Aryani, F. (2016). Stres Belajar Suatu Pendekatan dan Intervensi Konseling.

As-Suyuthi, I. J. A.-M. & I. J. (2008). Tafsir Jalalain Berikut Asbabun Nuzul Ayat Surat Az-Zumar s/d Surat An-Naas (IV). Departemen Agama : Institut Agama Islam Negeri Walisongo.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46–62. http://yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/meyakinkan-validitas-data-melalui-triangulasi-pada-penelitian-kualitatif.pdf

Beat Wechsler. (1995). Coping and coping strategies: a behavioural view. Applied Animal Behaviour Science, 43(2), 123–134. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/0168-1591(95)00557-9

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2009). Handbook of Qualitative Research. Terj. Dariyatno dkk. Pustaka Pelajar.

Ekawarna, H. (2018). Manajemen Konflik dan Stres (B. S. Fatmawati (Ed.); 1st ed.). PT Bumi Aksara.

Erliana, F. (2013). Perbedaan bentuk reaksi stres mahasiswa dan anggota militer pada peserta ekspedisi NKRI 2013 koridor Sulawesi Sub Korwil-01 Kepulauan Sangihe (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). http://etheses.uin-malang.ac.id/1736/8/09410165_Bab_2.pdf

Fachrie. (2004). Bekerja dengan Kecerdasan Spiritual. Online: www.blogdrive.com

Fahrizal, A. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Stres Kerja Perawat Anestesi di Ruang Operasi Alif (Doctoral Dissertation, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta). http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/3582/4/chapter 2.pdf

Fakhria, M., Agustina, E., & Setiowati. (2017). Motivasi Berprestasi Siswa Ditinjau dari Fasilitasi Sosial dan Ketakutan akan Kegagalan. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 2(1), 29–42. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21580/pjpp.v2i1.1279

Fitasari, I. N. (2011). Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Stres pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga. FKM Airlangga.

Flanforistina, S. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkatan Stres Pada Tenaga Kesehatan. https://osf.io/preprints/he4yx/

Goff, A. M. (2011). Stresor, Academic performance and learned resourcefulness inbaccalaureate nursing student. International Journal of Nursing Education Scholarship, 923 – 154.

Habeeb, K. A. (2010). Prevalence of Stresors among Female Medical Students. Journal of Taibah University Medical Sciences 2010, 5(2), 110 – 119.

Hamka, A. M. K. A. /. (2008). Tafsir Al Azhar (Juz XIII-X). Pustaka Panjimas.

Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21–46. https://www.journal.walisongo.ac.id/index.php/attaqaddum/article/view/1163

Husnar, A. Z., Saniah, S., & Nashori, F. (2017). Harapan, Tawakal, dan Stres Akademik. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 2(1), 94–105. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21580/pjpp.v2i1.1179

Indirawati, E. (2006). Hubungan Antara Kematangan Beragama dengan Kecenderungan Strategi Coping. Jurnal Indigenous, 3(2).

Ismail, W., Damayanti, E., Nurpahmi, S., Hjh, D., Awg, T., & Hamid, H. (2021). Coping strategy and substance use disorders: The mediating role of drug hazard knowledge. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 6(2), 171–186. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21580/pjpp.v6i2.8185

Kaligis, F., Ismail, R. I., Wiguna, T., Prasetyo, S., Indriatmi, W., Gunardi, H., & Pandia, V., et al. (2021). Mental Health Problems and Needs among Transitional-Age Youth in Indonesia. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(8), 4046. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.3390/ijerph18084046

Kamus. (2016). Pada KBBI Daring. 2016. kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kamus

Koochaki, G.M., et al. (2009). Prevalence of stres among Iranian medical students: a questionnaire survey. Eastern Mediterranean Health Journal 2011, 17(7), 593–594.

Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress, Appraisal, and Coping. Springer Publishing.
Lio, S., & Sembiring, K. (2019). Strategi Coping Mahasiswa Tugas Akhir Program Studi Bimbingan dan Konseling. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 2(1), 52–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31960/ijolec.v2i1.170

Maramis, A. . M. & W. . (2009). Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa (2nd ed.). Pusat Penerbitan dan Percetakan (AUP).

Maryam, S. (2017). Strategi coping: Teori dan sumberdayanya. Jurnal Konseling Andi Matappa, 2. https://pdfs.semanticscholar.org/df2f/9c2657b608da5a3162e6c44a2b1a69ef368e.pdf

Munawaroh, L. (2017). Penerapan Terapi Musik Rebana Pada Lansia yang Mengalami Stres di Unit Rumah Pelayanan Sosial Lanjut Usia Pucang Gading Semarang. http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/808%0A

Muzakkir. (2012). Tasawuf Jalan Menuju Tuhan. Perdana Publishing.

Najjah, N. R. N. (2018). Ini 11 Pondok Pesantren Dekat UIN Walisongo. https://amanat.id/ini-11-pondok-pesantren-dekat-uin-walisongo/

Nasrul. (2015). Akhlak Tasawuf. CV Aswaja Pressindo.

Novita, M. (2017). Hubungan dukungan sosial dengan coping stres pada mahasiswa yang menjadi Pengurus OSPAI Wilayah Pondok Pesantren Al-Ihsan Cibiru Hilir Bandung. 2007, 1–9. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/5616

Prayogo, Y. (2019). Hubungan Komunikasi Interpesonal Dengan Tingkat Stres Mahasiswa Yang Mengerjakan Tugas Akhir. http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/6037/2/Bab I.pdf

Priyoto. (2014). Konsep Manajemen Stres (2nd ed.). Nuha Medika.

Rachmawati, A. A. (2020). Darurat Kesehatan Mental bagi Remaja. Perpustakaan Fakultas Geografi UGM. https://egsa.geo.ugm.ac.id/2020/11/27/darurat-kesehatan-mental-bagi-remaja/

Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan data dalam penelitian kualitatif: wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40. https://doi.org/https://doi.org/10.7454/jki.v11i1.184

Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif (A. L. (Ed.); 1st ed.). PT Gramedia Widiarsana Indonesia.
Rahman, S. (2016). Faktor-faktor yang Mendasari Stres pada Lansia. Jurnal Pendidikan Indonesia 16, 1, 1–7.

Rasmun. (2009). Stres, koping dan adaptasi : teori dan pohon masalah keperawatan (II). Sagung Seto.

Reber, A. S. &, & Reber, E. S. (2010). Kamus psikologi / Arthur S. Reber & Emily S. Reber. Pustaka Pelajar.

Riani, A. (2016). Hubungan antara Dukungan Sosial dan Problem-Focused Coping dengan Psychological Well-Being pada Mahasiswa FIP UNY. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5, 8. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40315
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/alhadharah/article/viewFile/2374/1691

Sangadji, E. M. dan S. (2010). Metodologi penelitian: pendekatan praktis dalam penelitian. In Andi Offset. https://www.journal.walisongo.ac.id/index.php/attaqaddum/article/view/1163

Santrock, J. (2003). Adolescence (perkembangan remaja) (6th ed.). Erlangga.

Saputri, K. A., & Sugiharto, D. (2020). Hubungan Antara Self Efficacy dan Social Support dengan Tingkat Stres pada Mahasiswa Akhir Penyusun Skripsi Di FIP UNNES Tahun 2019. Konseling Edukasi" Journal of Guidance and Counseling, 4(1), 1519–1532. https://doi.org/10.2224/sbp.2013.41.9.1519

Sarafino, Edward P. & Smith, T. W. (2010). Health psychology: Biopsychosocial interactions (7th ed.). John Wiley & Sons.
Sary, Y. N. E. (2015). Buku Ajar Psikologi Pendidikan. Parama Publishing.

Savitri, W. C., & Listiyandini, R. A. (2017). Mindfulness dan Kesejahteraan Psikologis pada Remaja. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 2(1), 43–59. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21580/pjpp.v2i1.1323

Shihab, M. Q. (2008). Al-Qur’an Dzikir dan Doa (3rd ed.). Lentera Hati.

Sholikhah, T. I. (2019). Fenomena Kuliah Nyambi Nyantri Mahasiswa Program Studi PAI IAIN Salatiga Tahun 2019. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/6001

Sijangga, W. N. (2010). Hubungan antara strategi coping dengan kecemasan menghadapi persalinan pada ibu hamil hipertensi. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Simuh. (1996). Tasawuf Dalam Perkembangannya Dalam Islam. Raja GrafindoPersada.

Sitohang, J. M. (2020). Stress Mahasiswa Akibat Pembelajaran Daring dan Koping Stress yang Efektif Selama Masa Pandemi. https://osf.io/preprints/5yfdm/

Smeltzer, S. C., & Bare, B. G. (2008). Brunner And Sudarth’s textbook of medical- surgical nursing. EGC.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (Ed.); 2nd ed.). Alfabeta.

Susantyo, B. (2020). Pemetaan Strategi Coping Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan Menghadapi Wabah Covid-19.

Taimiyah, I. (1984). Al-Ubudiyah. PT Bina Ilmu Offset Surabaya.

Thahir, A. (2014). Psikologi Belajar: Buku Pengantar dalam Memahami Psikologi Belajar.

Tua, N., & Gaol, L. (2016). Teori Stres : Stimulus , Respons , dan Transaksional. Buletin Psikologi, 24(1), 1–11. https://doi.org/10.22146/bpsi.11224
Wendio Angganantyo. (2014). Coping Religius Pada Karyawan Muslim ditinjau dari Tipe Kepribadian. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 02(01).

YF La Kahija. (2017). Penelitian Fenomenologis (Jalan Memahami Pengalaman Hidup). Yogyakarta: PT. Kanisius.

Zahri, M. (1979). Kunci Memahami Ilmu Tasawuf. PT Bina Ilmu.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Izah, N., Aini, D. K., & Bukhori, B. (2023). Stress dan Strategi Coping pada Mahasiswa yang Bertempat Tinggal di Pondok Pesantren. Journal of Islamic and Contemporary Psychology, 3(1s), 231–242. https://doi.org/10.25299/jicop.v3i1s.12364