Penerapan Teori Human Motivation Model Untuk Memahami Sumber Motivasi Kerja Karyawan

Authors

  • Laily Rahmah Fakultas Psikologi Unnisula, Semarang, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.25299/jicop.v3i1s.12348

Keywords:

Motivasi Kerja, resiko, Human Motivation Model

Abstract

Kinerja karyawan yang bekerja pada organisasi publik yang sering disebut sebagai Aparat Sipil Negara (ASN) mempunyai arti penting bagi penentu kesuksesan pembangunan nasional. Faktanya, kualitas pelayanan publik yang merupakan manifestasi dari kinerja ASN di negera -negara berkembang termasuk di Indonesia, hingga saat ini masih relatif buruk. Ketidakefektifan strategi motivasi kerja yang diterapkan organisasi publik diyakini menjadi salah satu penyebab utamanya.. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang berupaya menganalisis data sekunder dari temuan riset terkait kasus penerapan setrategi motivasi kerja di tiga perusahaan telekomunikasi yang ada di Tanzania yang terdiri dari dua organisasi swasta dan satu organisasi publik. Tujuan studi dimaksudkan untuk mengeksplorasi apa yang menjadi sumber-sumber motivasi kerja karyawan swasta, bagaimana dinamika psikologis dari sumber-sumber motivasi kerja tersebut serta bagaimana kekuatan motivasi kerja dapat berdampak pada terciptanya kinerja kerja yang maksimal dengan menggunakan teori Human Motivation Model (HMM). Temuan studi menunjukkan bahwa teori Human Motivation Model (HMM) baik dari perspektif motivational sources(MS) maupun motivational forces (MF) dapat digunakan untuk memahami terjadinya perbedaan kualitas kinerja kerja antara karyawan swasta & karyawan publik. Diskusi mendetail tentang temuan studi dijelaskan dalam uraian artikel.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, F. (2022, July 12). Peran Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045. https://lan.go.id/?p=9996
Chittoo, H. B., Ramphul, N., & Nowbutsing, B. (2009). Globalization and public sector reforms in a developing country. Culture Mandala: The Bulletin of the Centre for East-West Cultural and Economic Studies The Bulletin of the Centre for East-West Cultural and Economic Studies Globalization and Public Sector Reforms in a Developing Country, 8(2), 30–51. http://epublications.bond.edu.au/cm/vol8/iss2/3
Hartono, R. (2015, February 16). Kualitas Pelayanan Publik Instansi Pemerintah: “Buruk Muka, Cermin Dibelah” Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “Kualitas Pelayanan Publik Instansi Pemerintah: “Buruk Muka, Cermin Dibelah””, Klik untuk baca: https://www.k. Https://Www.Kompasiana.Com/Rudharjs/54f8ca57a33311af098b4a2f/Kualitas-Pelayanan-Publik-Instansi-Pemerintah-Buruk-Muka-Cermin-Dibelah.
Mkisi, N. E., (2008). Application of Human Resource Management initiatives for workers motivation and organisation performance in Telecommunication Sector in Tanzania .Netherlandas: Institute of Social Studies.
Qin, L. (2010). Employee Motivation in a Cross-cultural Organisation.Thesis . Helsinki: Acrada University of Applied Sciences Departemen of Business Adminsitration, Media and Technology
Riyono, B. (2012). Motivasi Dengan Perspektif Psikologi Islami. Yogyakarta : Quality Publishing.
Riyono, B. (2014).Human Motivation Model Sebuah Koreksi terhadap Teori "Need Hierarchy "Maslow. In S. Wimbarti & L. Chizanah (Eds.), Perkembangan Psikologi Masa Kini : Kajian Berbagai Bidang (pp. 62–77). Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.
Riyono, B., Himam, F., & Subandi. (2012). The Fundamental Motivational Force in Compensating In Search for Anchors for Human Vulnerability. Gadjah Mada International Journal of Business, 14(3), 229–252. http://www.gamaijb.mmugm.ac.id/
Shakya, R. K. (2009). Why Civil Service Reforms fail?-A Case of Nepal. Administration and Management Review, 21(2), 40–63.
Shepherd, G. (2003). Civil Service Reform in Developing Countries: Why Is It Going Badly?. 11th International Anti-Corruption Conference 25-28 May 2003 ,

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Rahmah, L. (2023). Penerapan Teori Human Motivation Model Untuk Memahami Sumber Motivasi Kerja Karyawan. Journal of Islamic and Contemporary Psychology, 3(1s), 84–99. https://doi.org/10.25299/jicop.v3i1s.12348