The Systematic Literatur Review: Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa SD
Keywords:
Efektivitas, Model STAD, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR). Data dikumpulkan dengan mendokumentasikan semua artikel yang relevan dengan topik penelitian. Penelitian ini melibatkan 13 artikel nasional yang diperoleh dari database Google Scholar, namun hanya 8 artikel yang digunakan sesuai dengan tema yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD di sekolah dasar dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan siswa, memberikan dampak positif terhadap hasil belajar, dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Downloads
References
Anwar, Y., Ananda, A., Montessori, M., & Khairani, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan SAVI dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PPKn. Jurnal Basicedu, 6(4), 7433–7445. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3355
Arifin, & Habibbullah. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif (Stad) Menggunakan Alat Peraga Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Penguasaan Ilmu Tajwid. Edusifa: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 134–145. https://doi.org/10.56146/edusifa.v9i1.123
Cress, S. W & Holm, D. T. (2009). Developing empathy through children’s literature. Education, 593–597.
Damayanti, N., & Kartini, K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret Geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 107–118. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1162
Fauziah, & Purnomo. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran stad Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. 6(2), 2226–2230.
Firdaus, Suhardi, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Tergadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Pengaruh Penerapan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SD St., 1(November), 24–29.
Firdaus, Z., Umi Masytoh, E., Amalia, N., Rahayu Gondoarum, W., & Amaliyah, F. (2023). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. 2(2), 1–13. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v2i21399
Irma, A., Herlina, D., & Nelson, Z. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions (Stad) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Sekolah Menengah Pertama Tualang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 54–60. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.45
Kusadi, N. M. R., Sriartha, I. P., & Kertih, I. W. (2020). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Sosial Dan Berpikir Kreatif. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.24661
Latifah, S. S., & Luritawaty, I. P. (2020). Think Pair Share sebagai Model Pembelajaran Kooperatif untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 35–46. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.641
Patricia, F. A., & Zamzam, K. F. (2019). Diskalkulia (Kesulitan Matematika) Berdasarkan Gender Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kota Malang. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 288. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i2.2057
Putri, N. A., & Marlina. (2024). Efektivitas Strategi Student Teams-Achievement Division ( STAD ) untuk Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan bagi Anak Diskalkulia. 6(1), 781–787.
Remi Rando, A., & Pali, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 295. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.32983
Simamora, N. I., Simamora, E., & Dewi, I. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Menggunakan Hypercontent untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2635–2651. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1740
Sriwahyuni, & Maryati. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Program Linear. Inomatika, 4(1), 19–30. https://doi.org/10.35438/inomatika.v4i1.279
Suparlan. (2019). Efektivitas Metode Pembelajaran Students Teams Achievement Division (STAD) Pada Materi Unsur Cerita Rakyat. 5(1), 89–96. https://www.minsal.cl/wp-content/uploads/2019/01/2019.01.23_PLAN-NACIONAL-DE-CANCER_web.pdf
Suryaningrum, S. S., & Winanto, A. (2023). Perbedaan Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Dan Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Kelas Iv Sd. Euclid, 10(1), 133. https://doi.org/10.33603/e.v10i1.8547
Syambodo, B., & Wibowo, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Model Pembelajaran Make A Match Dengan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division. Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 8–13. https://doi.org/10.56393/lentera.v1i1.114
Syamsu, Rahmawati, & Suyitno. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education, 3(3), 344. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19450
Topandra, M., & Hamimah. (2020). Model Kooperatif Tipe Make A Match dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1256–1268.
Ulum, C. (2019). Keterampilan Sosial Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas V MI Muhammadiyah Selo Kulon Progo. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(2), 229–254. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i2.169
Umar, Z. (2017). Panduan Ilmu Tajwid Praktis. In Вестник Росздравнадзора (Vol. 4, Issue 1).