Analisis Kemampuan Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar

Authors

  • Dhea Khasanati Program Studi PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Riau, Indonesia

Keywords:

Guru, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Sekolah Dasar

Abstract

Berdasarkan observasi awal, guru di SDN 01 Tualang telah menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk menunjang proses pembelajaran. Guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk menjadikan proses pembelajaran terencana dan terarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SDN 01 Tualang Kabupaten Siak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Teknik dan instrument pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah guru di SDN 01 Tualang mampu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan mengikuti secara keseluruhan tahapan dan komponen perangkat pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Batoq, I., Susila, I. W., & Rijanto, T. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Sistem Pendinginan Bahan Bakar Dan Pelumas Di Smkn 3 Sendawar. Jurnal Pendidikan Vokasi UNESA, 3(02), 247188.

Budiyasa, I. W. (2020). Analisis Kemampuan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FPMIPA IKIP PGRI Bali dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Biologi SMA/MA Kurikulum 2013 Sesuai Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016. Widyadari, 21(1), 177–191. https://doi.org/10.5281/zenodo.3742538

Dafit, F. (2017). Implementasi Model Multiliterasi Pada Proses Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah, 1(2), 53–59.

Gabena, P. (2017). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Silabus Dan Rpp Melalui Supervisi Akademik Yang Berkelanjutan Di Sd Negeri 0102 Barumun. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 56–60.

Hamonangan, A. S., & Sudarma, I. K. (2017). Analisis Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Journal of Education Technology, 1(2), 149–155. https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11777

Ismini, K. (2017). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP Melalui Supervisi Akademik yang Berkelanjutan Di SDN 4 Sumberrejo Kab. Malang. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6(2), 177–194. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.940

Kinasih, A. M. (2017a). Problematika Guru Dalam Penyusunan Perangkat Pembelajaran Di Sd Muhammadiyah 14 Surakarta. 1–14. http://eprints.ums.ac.id/50853/1/ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Kinasih, A. M. (2017b). Problematika Guru Dalam Penyusunan Perangkat Pembelajaran Di Sd Muhammadiyah 14 Surakarta. 1–14.

Lestari, M. D. (2015). Analisis Kemampuan Guru Biologi SMA di Kota Semarang Dalam Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berdasarkan Kurikulum 2013. Skripsi.

Mahmudah, T. (2015a). Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Bantul. Skripsi, 151(1), 1–150.

Mahmudah, T. (2015b). Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Bahasa Indonesia Di SMP Negeri 2 Bantul. In Universitas Negeri Yogyakarta.

Mustika, D. (2017). Pembelajaran Menggunakan Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Handayani, 7(2), 1–10.

Permendikbud No 81A Tahun 2013. (n.d.).

Sudana, D. N. (2018). Pelatihan dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 pada Guru-Guru di Gugus V Kediri, Kecamatan Kediri Kabupaten. International Journal of Community Service Learning, 2(1), 22–27. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i1.13680

Vidiarti, E., Zulhaini, Z., & Andrizal, A. (2019). Analisis Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Kurikulum 2013. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 102–112. https://doi.org/10.18860/jpai.v5i2.5858

Widarto. (2014). Penyusunan Rpp Pada Kurikulum 2013. Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru (PLPG), September, 1–8.

Downloads

Published

2023-01-31