Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka di SDN 1 Bonepantai

Authors

  • Fadila Aulia Universitas Negeri Gorontalo

Keywords:

Penerapan, Kurikulum, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Kurikulum Merdeka di SDN 1 Bonepantai. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis yang merupakan penelitian yang bertujuan untuk mempelajari fenomena (gejala) tertentu yang terjadi pada seseorang atau sekelompok orang tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui bagaimana persiapan sekolah sebelum menerapkan Kurikulum Merdeka di SDN 1 Bonepantai; dan (2) mengetahui bagaimana penerapan Kurikulum Merdeka di SDN 1 Bonepantai tahun ajaran 2023/2024. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala SDN 1 Bonepantai serta guru kelas I dan IV sebagai pelaksana kurikulum merdeka di tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) observasi, (2) studi dokumen, dan (3) wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) SDN 1 Bonepantai telah mengikuti sosialisasi, workshop dan diklat beberapa kali untuk persiapan penerapan Kurikulum Merdeka. SDN 1 Bonepantai juga telah mengadakan studi banding dengan SDN 63 Kota Timur untuk mengamati proses pembelajaran dan mempelajari  perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka khusus kelas 1 dan 4 dan pelaksanaan P5. (2) Berdasarkan tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka yang dikeluarkan Kemendikbudristek, penerapan Kurikulum Merdeka di SDN 1 Bonepantai pada tahun ajaran 2023/2024 berada di tahapan awal baik dari aspek perencanaan, proses pembelajaran, penilaian dan pengawasan pembelajaraan. Hal ini berdasarkan dari hasil observasi, studi dokumen dan wawancara yang telah dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aggraena, Y., dkk. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Badan Standar, Kurikulum, Asessmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Alhamuddin. (2014). Sejarah Kurikulum di Indonesia. Nur El-Islam, 1(2), 48–58. https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/nurelislam/article/view/60

Anggraena, Yogi dkk. 2021. Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran Edisi 1. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP). (2022). Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan, Kemendibudristek.

Erinda Fitriani, & Alfiansyah, I. (2023). Analisis Efektifitas Implementasi antara Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 8(2), 250–263. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view/17733/6155

Fahrurrozi., dkk. (2023). Workshop Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka bagi Guru di SMPN Satu Atap Kecamatan Suela. Alpatih: Jurnal Peengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 17–27.https://ejournal.ahs-edu.org/index.php/alpatih/article/view/88/57

Fauzan. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Tangerang Selatan: GP Press.

Mawarni, F., dkk. (2023). Analisis Pemahaman Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sd Negeri 1 Ampel. Journal of Educational Learning and Innovation, 3(2), 380. https://doi.org/10.46229/elia.v3i2 https://journal.shantibhuana.ac.id/index.php/elia/article/view/740/300

Rohim, D., dkk. (2023). Analisis pelaksanaan kurikulum merdeka di SD Negeri Kedungwaru Lor Demak. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 102–111. http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/AW/article/view/3091/1975

Sugiono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta CV.

Zuchri Abdussamad. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press.

Downloads

Published

2024-07-27