Implementasi Pendidikan Karakter dan Budaya Berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila pada Peserta Didik di SD Negeri 2 Jagapura Lor
Keywords:
Gerakan literasi sekolahAbstract
Sebagai dasar negara, Pancasila telah berperan sebagai cara hidup masyarakat Indonesia berdasarkan nilai yang terkandung dalam butir-butir silanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi nilai-nilai karakter Pancasila pada peserta didik Sekolah Dasar Negeri 2 Jagapura Lor. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Narasumber terdiri dari kepala sekolah, guru-guru, dan wali murid. Hasil penelitian menunjukkan implementasi nilai karakter Pancasila sudah cukup baik. Berbagai program yang digagaskan oleh sekolah maupun guru kelas untuk menciptakan generasi muda berkarakter Pancasila. Kegiatan tersebut meliputi kegiatan keagamaan, kegiatan sosial, kampanye 5S (senyum, sapa, salam, sopan, dan santun), upacara bendera, ekstrakurikuler pramuka, dan kegiatan dalam kelas yang dirancang oleh guru. Beragamnya lingkungan dan latar belakang siswa menjadi tantangan penerapan program implementasi nilai Pancasila pada siswa.
Downloads
References
Aisah, N. (2019). PENERAPAN PANCASILA DALAM PENDIDIKAN INDONESIA PADA ERA GLOBALISASI. 1–12.
Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori dan Praktis). In Widina Bhakti Persada.
Baehaqi, M. L. (2020). Cooperative Learning Sebagai Strategi Penanaman Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 157–174. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.26385
Hanafi, H. (2018). Hakekat Nilai Persatuan Dalam Konteks Indonesia (Sebuah Tinjauan Kontekstual Positif Sila Ketiga Pancasila). Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(1), 56–63. https://doi.org/10.17977/um019v3i12018p056
Hasanah, L., Bahi, N., Nurvianti, N., Cahyantika, R., & Prameswari, S. (2022). Implementasi Nilai Pancasila Pada Sila Pertama Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di TK Dian Karuna. Jurnal Golden Age, 6(2).
Lestari, P., Sunarto, S., & Cahyono, H. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Sila Kelima Dalam Pembelajaran. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 7(2), 130–144. https://doi.org/10.31571/sosial.v7i2.1880
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2009). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. UI Press.
Nurgrahanti, A. (2012). Menumbuhkan Nilai-nilai Pancasila Melalui Kegiatan Kepramukaan di SD Negeri Kambangan 01, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang [Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16117
Octavia, E., & Rube’i, M. A. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila untuk Membentuk Mahasiswa Prodi PPKN Menjadi Warga Negara yang Baik dan Cerdas. Sosial Horison: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(1), 111–124. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/sosial/article/download/427/409
Pusdatin. (2021). Pentingnya Pengamalan Pancasila Sila ke-2 di Lingkungan Masyarakat. https://bpip.go.id/berita/991/582/pentingnya-pengamalan-pancasila-sila-ke-2-di-lingkungan-masyarakat.html#:~:text=Sila ke-2 “Kemanusiaan yang,juga sesama manusia dan lingkungannya.
Salminati, I. (2017). Pembiasaan Upacara Bendera Sebagai Upaya Pembentukan Sikap Nasionalisme Siswa. Jurnal Kewarganegaraan, 1(1), 8–11. https://doi.org/10.31316/jk.v1i1.877
Seftriyana, E., & Dewi, R. S. (2021). Buku Panduan Guru Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Winarno, W. (2011). MUATAN PANCASILA DALAM MATA PELAJARAN PKn DI SEKOLAH. Civis, 1(2/Juli), 42–70. http://journal.upgris.ac.id/index.php/civis/article/view/589
Wulandari, S., Reski, S. M., Nasution, Y. A., & Lubis, A. (2021). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.6939
Wulandari, H., Asiah, D. H. S., & Santoso, M. B. (2021). Pengawasan Orangtua Terhadap Anak Usia Prasekolah Dalam Menggunakan Gawai. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(1), 46-55.