Pelatihan Model Active Learning dan Cooperative Learning di SMPN 34 Pekanbaru

  • laili rahmi
Keywords: Pembelajaran Aktif, Model Pembelajaran Cooperatif

Abstract

Tujuan pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah memberikan pengetahuan, pemahaman, dan melatih keterampilan  pada guru-guru tentang model-model pembelajaran aktif yang sesuai Kurikulum 2013. Pelatihan ini berkaitan tentang bagaimana cara penerapkan model-model pembelajaran aktif seperti pembelajaran kooperatif  yang disimulsikan dalam proses pembelajaran di kelas Kegiatan ini di laksanakan di SMP Negeri 34 Pekanbaru Provinsi Riau. Melalui strategi pembelajaran aktif di dalam pembelajaran merupakan teknik atau cara alternatif untuk mentrasformasikan konsep materi pembelajaran kepada peserta didik.  Metode pelatihan ini dilakukan dengan metode pembelajaran pengalaman (experiential learning). Melalui kegiatan pembelajaran yang terencana dengan tepat nantinya akan berdampak kepada minat dan motivasi siswa serta mampu meningkatkan kualitas hasil belajar seperti yang diharapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Royani, M. dan Muslin, B. 2014. Keterampilan bertanya SISwa SMP melalui Pembelajaran Aktig Tipe Tean Quiz pada Materi Segi Empat. Jurnal Pendidikan Matematika EDU-MAT. Vo/ 2, No,1. Hal 22-28.

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grasindo Persabda.

Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suprijono, A. 2012. Cooperatif Learning, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. 2013. Mendasain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implemintasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

David K. Jesuit & Endless, B. 2018. Model United Nations and Experiential Learning: An Assessment of Changes in Knowledge and Attitudes.Journal of Social Studies Education Research. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1199099.pdf. v9 n4 p198-213 2018.
Published
2022-04-22
Abstract viewed = 5 times
PDF downloaded = 6 times