Pendampingan Sikap Perduli Lingkungan di SMA-SMP YLPI Pekanbaru

https://doi.org/10.25299/ceej.v1i2.4754

Authors

Keywords:

sikap, peduli lingkungan

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, fungsi lingkungan sebagai penunjang kehidupan manusia kini terancam oleh polusi, pemborosan penggunaan sumber daya alam dan lainnya. Dalam hal ini, upaya terpadu diperlukan dalam melestarikan fungsi lingkungan. Selama ini di Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Pertama YLPI Pekanbaru, belum ada sosialisasi dan pendidikan tentang cara melestarikan lingkungan, siswa belum dididik tentang pentingnya melestarikan lingkungan dan upaya untuk mencegah kerusakan lingkungan. Karena tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman dan bantuan untuk menanamkan sikap peduli terhadap lingkungan kepada siswa. Solusi yang ditawarkan dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan tentang sikap peduli terhadap lingkungan dengan memelihara, mengelola, memulihkan, dan memelihara lingkungan yang bersih dan sehat di sekolah. Metode kegiatan ini menggunakan metode workshop atau pelatihan dan observasi pelaksanaan sikap peduli terhadap lingkungan yang diikuti oleh siswa SMA dan SMP YLPI Pekanbaru Pekanbaru sebanyak 57 siswa bersama guru-guru dari 2 sekolah tersebut. Kegiatan ini menemani siswa untuk menanamkan sikap peduli terhadap lingkungan. Siswa merasa antusias dalam memberikan contoh bagaimana peduli terhadap lingkungan, dan juga lebih memahami tentang bagaimana melindungi lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisusilo, S. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto & A. Suprihatin. 2013. Pengantar Pendidikan Lingkungan Hidup. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2009. Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Handayani, A. 2013. Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan melalui Implementasi Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dalam Pembelajaran IPA Kelas IV.1 di SDN Keputaran. Diambil dari http://eprints.uny.ac.id/15675/1/Ani%20Handayani.pdf. (Diakses tanggal 26 Januari 2019).

Kemendikbud. 2012. Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Kerjasama Kementrian Lingkungan Hidup dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Keraf, A. S. 2010. Etika Lingkungan Hidup. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Nugraheni, R.A.S. 2015. Pengaruh Contextual Teaching And Learning (Ctl) Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas IV di SD Negeri Selang Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul. Diambil dari http://eprints.uny.ac.id/23454/1/.pdf. (diakses 21 Maret 2019).

Widyaningrum, 2016. Tingkat Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan di SMA Negri 5 Kediri. Diambil dari https://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa /file_artikel/2016/11.1.01.06.0087.pdf. (Diakses tanggal 5 Februari 2019).

Published

2020-05-01

How to Cite

rahmi, laili, Amnah, S. ., & Yuriska, Y. (2020). Pendampingan Sikap Perduli Lingkungan di SMA-SMP YLPI Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 1(2), 96–106. https://doi.org/10.25299/ceej.v1i2.4754

Issue

Section

Articles