Pengembangan modul pembelajaran atletik berbantuan QR code

  • Muhammad Hartoto Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, STKIP PGRI Lubuk Linggau, Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, Indonesia
  • Dodik Mulyono Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, STKIP PGRI Lubuk Linggau, Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, Indonesia
  • Wawan Syafutra Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, STKIP PGRI Lubuk Linggau, Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, Indonesia
Keywords: Module, atheletic learning, QR code

Abstract

This study aims to develop an athletic learning module assisted by QR code for grade X students of MA Mutiara Al-Qur'an. The research method used was the research and development model of Dick and Carey with nine steps. Data collection techniques in research using interviews, observation, questionnaires. The data analysis technique used the steps of analyzing the validity of the media expert, getting a value of 87.03%, the linguist with a value of 82.14%, and the material expert getting a value of 95.83% so that from these results the validity of the module was categorized as very valid, then the practical questionnaire data analysis One to one and small group test students got a score of 87.22% so that the practicality of the athletic learning module assisted by the QR code for the tenth grade students of MA Mutiara Al-Qur'an was categorized as having very strong practicality.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditia, M. T., & Muspiroh, N. (2013). Pengembangan modul pembelajaran berbasis sains, lingkungan, teknologi, masyarakat dan islam (salingtemasis) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep ekosistem kelas X di SMA NU (Nadhatul Ulama) Lemahabang Kabupaten Cirebon. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 2(2), 127-148. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v2i2.478

Adzka, A. (2013). Pengembangan model pembelajaran bermain sport edukatif dalam pembelajaran atletik di SMP Negeri 2 Pringsewu. Thesis. Universitas Lampung.

Aji, W. N. (2016). Model Pembelajaran Dick and Carrey dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Kajian Linguistik dan Sastra, 1(2), 119-126.

Akib, H. (2012). Implementasi kebijakan: Apa, mengapa dan bagaimana. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 1(1), 1-11. https://doi.org/10.26858/jiap.v1i1.289

Anne, N. (2011). Menjadi Juara Atletik. Jakarta: Be Champion.

Ariesna, R. D., & Runasari, R. (2019). Pengembangan model pembelajaran lari cepat melalui permainan untuk meningkatkan hasil belajar lari cepat pada siswa SD kelas V. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 64-70.

Fajaristian, H. (2014). Penerapan metode demonstrasi dengan bantuan media gambar terhadap ketepatan service atas bolavoli (Studi Pada Siswa Ekstrakulikuler SMK Negeri 1 Sumenep). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 2(2), 1-10.

Firmansyah, G., Hariyanto, D., & Kurniawan, R. (2019, October). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis QR code Terhadap Motivasi Belajar Dan Keterampilan Dasar Bermain Tenis Meja. In Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG) (Vol. 2, No. 1).

Hamzah H. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan. Malang: Literisasi Nusantara.

Hasrion., Sari, M., & Gazali, N. (2020). Penelitian Tindakan Kelas: Meningkatkan kemampuan teknik dasar shooting sepakbola melalui metode bagian. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 1(1), 16-24. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2020.vol1(1).5119

Lijana, L., Panjaitan, R. G. P., & Wahyuni, E. S. (2018). Respon siswa terhadap media pembelajaran komik pada materi ekologi di kelas X SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(3), 11-18.

Kadir, T. F. (2020). Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran pendidikan jasmani olah raga dan kesehatan menggunakan metode demonstrasi. EDUKHA (Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 178-189. http://dx.doi.org/10.32832/edukha.v1i2.3937

Noprian, A., Zulrafli., & Kamarudin. (2020). Pengunaan metode modifikasi dalam meningkatkan kemampuan smash permainan bolavoli Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 1(2), 120-127. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2020.vol1(2).5144

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Prahardika, G. S. (2014). Pengembangan model pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dengan pendekatan permainan halring pada siswa sekolah dasar. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 3(12). 1460-1465. https://doi.org/10.15294/active.v3i12.4368

Pratama, F. R. A., & Khotimah, K. (2021). Pengembangan modul berbantuan QR code materi orkestrasi mata pelajaran seni budaya untuk siswa kelas xi di SMA Negeri 19 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 1(9), 1-6.

Sidik, D. Z. (2010). Mengajar dan melatih atletik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Siskariyanti, S. (2016). Pengembangan model pembelajaran atletik dengan pendekatan permainan berbasis budaya lokal pada siswa sekolah dasar kelas v semester 1. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek), 3(2), 41-50. https://doi.org/10.46368/jpjkr.v3i2.94

Sudrajat, W., & Syarifudin. (2017). Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan-Studi Pengajaran. Kementerian Pendidikan.

Widayati, Y. T. (2017). Aplikasi Teknologi QR (Quick Response) Code Implementasi Yang Universal. KOMPUTAKI, 3(1), 1-8.

Winarno. (2013). Metodelogi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Universitas Negeri Malang.

Winarno, W., & Firmansyah, G. (2019). Pengembangan buku ajar atletik berbasis penelitian matakuliah atletik. Jp.jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan), 3(1), 90-102. https://doi.org/10.33503/jp.jok.v3i1.607

Published
2021-04-21
How to Cite
Hartoto, M., Mulyono, D., & Syafutra, W. (2021). Pengembangan modul pembelajaran atletik berbantuan QR code . Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education , 2(1), 51-60. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2021.vol2(1).6567
Abstract viewed = 53 times
PDF downloaded = 70 times SIMILARITY CHECK downloaded = 4 times