Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Modul Hidroponik Berbasis Hasil Penelitian

Penulis

  • Mellisa Mellisa Universitas Islam Riau
  • Ibnu Hajar Universitas Islam Riau
  • Sari Herlina Universitas Islam Riau
  • Pebriani Pebriani Universitas Islam Riau
  • Salshadilla Anthonia Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2024.vol15(1).14974

Kata Kunci:

Analisis, Kebutuhan, Pengembangan, Modul

Abstrak

Bahan ajar meliputi semua materi yang disiapkan secara terstruktur dan digunakan dalam proses pembelajaran dengan tujuan untuk menggambarkan keterampilan yang akan dipelajari siswa, termasuk format modul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan hasil analisis kebutuhan mahasiswa terhadap bahan ajar berupa modul hidroponik yang berbasis pada hasil penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah hidroponik. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode simple random sampling, melibatkan 31 mahasiswa sebagai subjek penelitian. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan tujuan menentukan kebutuhan pengembangan modul berbasis hasil penelitian untuk pembelajaran hidroponik dan menyediakan fasilitas pembelajaran yang lebih optimal. Instrumen penelitian mencakup lembar kuesioner untuk kebutuhan dosen dan mahasiswa, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa dan dosen memiliki kebutuhan terhadap bahan ajar yang dapat memperluas dan meningkatkan pemahaman mereka, dan dapat dipelajari secara mandiri oleh mahasiswa, khususnya dalam bentuk modul berbasis hasil penelitian. Penelitian ini pada dasarnya merupakan tahap awal dalam proses pengembangan bahan ajar berupa modul yang berbasis pada hasil penelitian.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ariana, D., Situmorang, R. P., & Krave, A. (2020). Pengembangan modul berbasis discovery learning pada materi ajringan tumbuhan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas XI IPA SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 34–46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.31381

Azmi, R. A., Rukun, K., & Maksum, H. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 303–314. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.25840

Divan, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Budaya Lokal untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(1). https://doi.org/http://journal2.um.ac.id/index.php/jktpk/article/view/4433

F. Amin, K. (2021). Pengajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) dan Pengenalan Budaya Lokal Bugis-Makassar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(6), 1044–1053. https://doi.org/https://doi.org/10.36418/japendi.v2i6.195.

Humaidi, H., Irhasyuarna, Y., & Hafizah, E. (2022). Analisis validitas terhadap pengembangan bahan ajar IPA berbasis literasi sains pada materi objek ipa dan pengamatannya. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(1). https://doi.org/https://doi.org/10.57216/pah.v18i1.293

Kirana, R. W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Praktikum Akuntansi Perusahaan Dagang Berbasis Scientific Approach sebagai Sumber Belajar Alternatif. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(1), 80–90. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpai.v18i1.32292.

Laksana, P. K., & Niftalia, I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik SD Kelas IV Berbasis Kearifan Lokal asyarakat Ngada. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 3(1). https://doi.org/www.ejournal.citrabakti.ac.id/index.php/jipcb/article/view/74/0.

Muliana, G., & Arsal, A. F. (2022). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(23), 434–441. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7417545

Murtini, I., Zubaidah, S., & Listyorini, D. (2019). Kebutuhan Bahan Ajar Matakuliah Biologi Sel di Perguruan Tinggi Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(8), 1120. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i8.12685

Panggabean, Huda, N., & Danis, A. (2020). Desain Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sains. Yayan Kita Menulis.

Prasetyo, S., Rufi’i, & Hartomo. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Riset Tematik Kelas IV Semester 1 di SD Muhammadiyah 1 Paiton. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 1477–1488. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21048

Pratita, D., Amrina, D. E., & Djahir, Y. (2021). Analisis Kebutuhan Mahasiswa Terhadap Bahan Ajar Sebagai Acuan Untuk Mengembangkan E-Modul Pembelajaran Digital. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 69–74. https://doi.org/10.36706/jp.v8i1.13129

Rezeqi, S., Brata, W. W. W., Handayani, D., & Gani, A. R. F. (2020). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Taksonomi Organisme Tingkat Rendah Terhadap Capaian Pembelajaran Berbasis KKNI. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1), 52–61. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/article/view/17301/13178

Sarini, P., & Selamet, K. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Etnosains Bali bagi Calon Guru IPA. Jurnal Matematika,Sains, Dan Pembelajarannya, 13(1), 27–39. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/wms.v13i1.17146

Wiguna, I. K. W., Suastika, I. N., & Nirmayani, L. H. (2022). Kebutuhan Bahan Ajar Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika SD Pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 178–183. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.43232

Zuhri, S., Nurhadi, N., Trinugraha, Y. H., Rahman, A., Pranawa, S., Nurcahyono, O. H., & Pudyastuti, S. G. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Hasil Riset Lapangan Pada Guru-Guru Sosiologi Dan Antropologi Sma Se-Surakarta. DEDIKASI: Community Service Reports, 2(2), 39–45. https://doi.org/10.20961/dedikasi.v2i2.45222

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Mellisa, M., Hajar, I., Herlina, S., Pebriani, P., & Anthonia, S. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Modul Hidroponik Berbasis Hasil Penelitian. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 15(1), 1–7. https://doi.org/10.25299/perspektif.2024.vol15(1).14974
Received 2023-11-27
Accepted 2024-03-19
Published 2024-04-30