Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Modul Hidroponik Berbasis Hasil Penelitian
DOI:
https://doi.org/10.25299/perspektif.2024.vol15(1).14974Kata Kunci:
Analisis, Kebutuhan, Pengembangan, ModulAbstrak
Bahan ajar meliputi semua materi yang disiapkan secara terstruktur dan digunakan dalam proses pembelajaran dengan tujuan untuk menggambarkan keterampilan yang akan dipelajari siswa, termasuk format modul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan hasil analisis kebutuhan mahasiswa terhadap bahan ajar berupa modul hidroponik yang berbasis pada hasil penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah hidroponik. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode simple random sampling, melibatkan 31 mahasiswa sebagai subjek penelitian. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan tujuan menentukan kebutuhan pengembangan modul berbasis hasil penelitian untuk pembelajaran hidroponik dan menyediakan fasilitas pembelajaran yang lebih optimal. Instrumen penelitian mencakup lembar kuesioner untuk kebutuhan dosen dan mahasiswa, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa dan dosen memiliki kebutuhan terhadap bahan ajar yang dapat memperluas dan meningkatkan pemahaman mereka, dan dapat dipelajari secara mandiri oleh mahasiswa, khususnya dalam bentuk modul berbasis hasil penelitian. Penelitian ini pada dasarnya merupakan tahap awal dalam proses pengembangan bahan ajar berupa modul yang berbasis pada hasil penelitian.
Unduhan
Referensi
Ariana, D., Situmorang, R. P., & Krave, A. (2020). Pengembangan modul berbasis discovery learning pada materi ajringan tumbuhan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas XI IPA SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 34–46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.31381
Azmi, R. A., Rukun, K., & Maksum, H. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 303–314. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.25840
Divan, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Budaya Lokal untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(1). https://doi.org/http://journal2.um.ac.id/index.php/jktpk/article/view/4433
F. Amin, K. (2021). Pengajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) dan Pengenalan Budaya Lokal Bugis-Makassar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(6), 1044–1053. https://doi.org/https://doi.org/10.36418/japendi.v2i6.195.
Humaidi, H., Irhasyuarna, Y., & Hafizah, E. (2022). Analisis validitas terhadap pengembangan bahan ajar IPA berbasis literasi sains pada materi objek ipa dan pengamatannya. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(1). https://doi.org/https://doi.org/10.57216/pah.v18i1.293
Kirana, R. W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Praktikum Akuntansi Perusahaan Dagang Berbasis Scientific Approach sebagai Sumber Belajar Alternatif. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(1), 80–90. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpai.v18i1.32292.
Laksana, P. K., & Niftalia, I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik SD Kelas IV Berbasis Kearifan Lokal asyarakat Ngada. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 3(1). https://doi.org/www.ejournal.citrabakti.ac.id/index.php/jipcb/article/view/74/0.
Muliana, G., & Arsal, A. F. (2022). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(23), 434–441. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7417545
Murtini, I., Zubaidah, S., & Listyorini, D. (2019). Kebutuhan Bahan Ajar Matakuliah Biologi Sel di Perguruan Tinggi Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(8), 1120. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i8.12685
Panggabean, Huda, N., & Danis, A. (2020). Desain Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sains. Yayan Kita Menulis.
Prasetyo, S., Rufi’i, & Hartomo. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Riset Tematik Kelas IV Semester 1 di SD Muhammadiyah 1 Paiton. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 1477–1488. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21048
Pratita, D., Amrina, D. E., & Djahir, Y. (2021). Analisis Kebutuhan Mahasiswa Terhadap Bahan Ajar Sebagai Acuan Untuk Mengembangkan E-Modul Pembelajaran Digital. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 69–74. https://doi.org/10.36706/jp.v8i1.13129
Rezeqi, S., Brata, W. W. W., Handayani, D., & Gani, A. R. F. (2020). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Taksonomi Organisme Tingkat Rendah Terhadap Capaian Pembelajaran Berbasis KKNI. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1), 52–61. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/article/view/17301/13178
Sarini, P., & Selamet, K. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Etnosains Bali bagi Calon Guru IPA. Jurnal Matematika,Sains, Dan Pembelajarannya, 13(1), 27–39. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/wms.v13i1.17146
Wiguna, I. K. W., Suastika, I. N., & Nirmayani, L. H. (2022). Kebutuhan Bahan Ajar Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika SD Pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 178–183. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.43232
Zuhri, S., Nurhadi, N., Trinugraha, Y. H., Rahman, A., Pranawa, S., Nurcahyono, O. H., & Pudyastuti, S. G. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Hasil Riset Lapangan Pada Guru-Guru Sosiologi Dan Antropologi Sma Se-Surakarta. DEDIKASI: Community Service Reports, 2(2), 39–45. https://doi.org/10.20961/dedikasi.v2i2.45222
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Mellisa Mellisa, Ibnu Hajar, Sari Herlina, Pebriani Pebriani, Salshadilla Anthonia
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Accepted 2024-03-19
Published 2024-04-30