MODEL KOMUNIKASI PEMASARAN PENGRAJIN ROTAN DI KECAMATAN RUMBAI PESISIR KOTA PEKANBARU

Authors

  • Gunawan Saleh Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Abdurrab
  • Rizky Rahayu Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Abdurrab

DOI:

https://doi.org/10.25299/medium.2017.vol6(1).1084

Keywords:

Pemasaran, Komunikasi, Model

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model komunikasi pemasaran pengrajin rotan di kecamatan rumbai pesisir dalam upaya meningkatkan eksistensi usahanya. Informan dalam penelitian ini adalah pengrajin rotan di Kecamatan Rumbai Pesisir dan untuk menentukan informan, penulis menggunakan teknik sampling purposif. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menelaah sumber data, reduksi data, menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian di dapat bahwa model komunikasi pemasaran pengrajin rotan di Kecamatan Rumbai Pesisir dalam upaya mempertahankan eksistensi usahanya yaitu dengan melakukan ke enam point Integrated Marketing Communication atau IMC yang pertama periklanan seperti di televisi, surat kabar dan media sosial. Kedua yaitu dengan melakukan promosi penjualan dengan memberikan potongan harga. Point ketiga pengrajin rotan juga melakukan kegiatan Public Relations dengan kegiatan sosial. Yang ke empat melakukan respon langsung dengan membagikan brosur kepada masyarakat. Ke lima melakukan publisitas di media cetak maupun media online. Dan yang terakhir dengan melakukan personal selling yang dilakukan di kios masing-masing. Dengan melakukan ke enam point tersebut membuat pengrajin rotan dapat meningkatkan eksistensi usahanya dari dulu hingg sekarang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-19