Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

SELIKUNG JURNAL MEDIUM FIKOM UIR

Website Jurnal Medium: http://jurnal.uir.ac.id/index.php/MED

Sistematika Tulisan Jurnal Medium

  1. Abstrak (ditulis dalam bahasa inggris dan indonesia) Maksimal 150 kata
  2. Pendahuluan (memuat latar belakang, tujuan penelitian)
  3. Kerangka Teori
  4. Metode Penelitian yang ditulis tanpa menggunakan sub-judul
  5. Pembahasan (Boleh menggunakan sub-judul di dalam pembahasan dan hasil)
  6. Kesimpulan
  7. Daftar pustaka (menggunakan Mendeley)

 

  1. Teknik Penulisan
  2. Artikel yang diterbitkan di jurnal medium merupakan hasil penelitian atau gagasan konseptual di bidang ilmu komunikasi
  3. Tulisan yang dikirim ke redaksi Medium harus disertai dengan surat pernyataan bebas plagiat yang ditandatangani oleh penulis di atas matrai 6000.
  4. Tulisan yang dikirim adalah tulisan yang belum pernah dimuat di jurnal manapun selain di jurnal MEDIUM
  5. Tulisan jurnal diketik 7000 s/d 8000 kata
  6. Judul (harus menggunakan kalimat yang efektif serta menggunakan Bahasa indonesia dan Ingris) diketik dengan font cambria 13pt, 1 spasi.
  7. Nama dan lembaga penulis harus dicantumkan yang meliputi nama penulis tanpa gelar, diikuti dengan nama lembaga, alamat lembaga, kode pos lembaga, negara, dan email yang digunakan sebagai alamat korespondensi dengan font cambria 12pt 1spasi
  8. Abstrak ditulis maksimal 200 kata dengan efektif dan menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, diketik dengan font Cambria 11pt dengan 1 spasi. (Bahasa Inggris dicetak miring)
  9. Kata kunci (key word) harus dapat mencerminkan konsep yang terkandung dalam artikel.
  10. Penulisan bab harus sistematis sesuai dengan sistematika penulisan Jurnal Medium.
  11. Tulisan diketik dengan font Cambria 11pt dengan 1 spasi dan after spaci 6pt.
  12. Teknik pengutipan menggunakan body note (tidak menggunakan foot note) yang di dalamnya terdapat nama penulis, tahun referensi dengan menggunakan APA Style 7th Edition
  13. Penyajian tabel hanya menggunakan garis horizontal dan tidak menggunakan garis vertikal
  14. Daftar pustaka yang dicantumkan 80% terdiri dari jurnal dan buku/sumber yang dikutipan dalam artikel. Daftar pustaka menggunakan format APA Style 7th Edition seperti dengan menggunakan aplikasi Mendeley.

 

Cara Mengirimkan Jurnal

Jurnal Medium menggunakan Open Journal System. Untuk menerbitkan tulisan pada jurnal ini, silahkan upload file pada halaman author dengan melakukan register terlebih dahulu sebagai author di open jurnal system MEDIUM melalui website : http://jurnal.uir.ac.id/index.php/MED/user/register

FOCUS AND SCOPE

Jurnal medium menerima artikel naskah di bidang ilmu komunikasi yang sesuai dengan tradisi penelitian ilmu komunikasi (Semiotika, Sibernetika, Fenomenologi, Sosiopsikologis, Sosiokultural, Kritis, Retorika). Secara umum objek penelitian ilmu komunikasi yang diterbitkan dalam jurnal Medium adalah komunikator, pesan, media, khalayak, dan efek. (register here)

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.