Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini

  • Gunawan Saleh universias abdurrab

Abstract

Komunikasi Interpersonal merupakan interaksi antara seorang individu dan individu lainnya dengan menggunakan bahasa. Guru sebagai komunikator berperan penting sebagai penyampai pesan kepada peserta didiknya. Komunikasi interpersonal yang baik antara guru dan murid akan berdampak positif terhadap tumbuh kembang murid khusus nya anak usiadini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan rasa percaya diri anak usia dini di Raudatul Athfal Asiah Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan di Raudatul athfal Asiah Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana data dikumpulkan melalui angket yang disebarkan kepada 36 responden yang merupakan guru dan wali murid RaudatulAthfal Asiah, dan dianalisis melalui regresi linier sederhana dibantu program SPSS versi 23. Penelitian ini menguji ada atau tidaknya pengaruh indicator dari faktor X (Komunikasi Interpersonal) yaitu percaya (trust), sikap suportif (suportif attitude), dan sikap terbuka (open mindedness) dengan indicator dari sikap percaya diri yaitu kemampuan pribadi, keberhasilan, keinginan, dan tekat yang kuat. Hasil penelitian membuktikan hipotesisal ternatif dapat diterima dengan nilai t hitung (10,284) > t tabel (1,480) dan tingkat signifikan (0,000) < 0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya komunikasi interpersonal guru memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan rasa percaya diri anak usia dini yaitu murid Raudatu l Athfal Asiah Pekanbaru.

References

Barbara, Angelis. (2007), PercayaDiri. Jakarta.PT GramediaPustakaUtama.
Budyatna, Muhammad &Ganiem Leila Mona.(2011), TeoriKomunikasiAntarpribadi. Jakarta: Kencana.
Cangara, H. Hafied. (2005),Pengantar Ilmu Komunikasi.Jakarta.PT Raja Grafindo Persada.
Effendi, Onong Uchjana. (2008), Dinamika Komunikasi, Bandung. PT. Remaja Rosdakarya
Hakim, Thursan. (2005),Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta : Puspa Swara.
Hardjana. Agus M. (2003),Komunikasi intrapersonal & Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Hidayat, Dasrun. (2012), Komunikasi Antar Pribadi dan Medianya. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Istadi, Irawati. (2006), Melipat Gandakan Kecerdasan Emosi Anak. Bekasi. Pustaka Inti.
Muhammad, Arni. (2009),Komunikasi Organisasi. Jakarta. Bumi Aksara.
Mulyana, Deddy. (2011), IlmuKomunikasiSuatuPengantar, Bandung: PT. RemajaRosdakarya
Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung. Remaja Rosdakarya
Rakhmat, Jalaluddin. (2012), Psikologi Komunikasi, Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Riduwan, (20014). Dasar-dasar Statistika. Bandung. Alfabeta.
Soyomukti, Nuraini. (2016), Pengantar Ilmu Komunikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Suyadi, dan Ulfah Maulidya. (2013), Konsep Dasar Paud, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Jurnal
Kusrini, Woro., & Prihartanti, Nanik. (2014), ”Hubungan Dukungan Sosial Dan Kepercayaan Diri Dengan Prestasi Bahasa Inggris Siswa Kelas Viii Smp Negeri 6 Boyolali” Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 15,
Published
2018-12-10
How to Cite
SALEH, Gunawan. Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini. MEDIUM, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 51-61, dec. 2018. ISSN 2615-1308. Available at: <https://journal.uir.ac.id/index.php/Medium/article/view/2411>. Date accessed: 16 dec. 2019. doi: https://doi.org/10.25299/medium.2018.vol6(2).2411.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.