PENGARUH REALISTIC MATHEMTICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 21 PEKANBARU

  • Despi Viska Sari Universitas Islam Riau
  • Sri Rezeki Universitas Islam Riau
  • Reni Wahyuni Universitas Islam Riau
Keywords: Realistic Mathematics Education (RME), hasil belajar matematika

Abstract

Penelitian ini bertujua.n untuk mengetahui pengaruh Realistic Mai’iemctiz-s E‹1ucaiion (RME) terhadap hasil belajai matematika siswa kelas VI! SMP Negeri 21 Pekanbaru. Flen kit penelitian ini adalah cksperiiren semu (Quasi Ekspz,-ittient) dengan desain penelitian protest poshest control . cup design. Populasi adalah seluriih siswa-sisw i kelas Vfi dengan sampel kelas VH.2 sebagai kelas Control dan kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen. Pada kedua i:e1as diadakan pretest untuk mengetahui kemampuan awal dari i:eduanya dan poshest un.tuk mengetahui pengaruh RU. Analisis yang digunakan adalah anal{sis inferensial clen•gan menggunakan uji normalitas ciata, uji !iomogen.itas varians ‹tax. uji perbandingan rata-rata hasil 1›c lajar (uji-t). Dari data prefect diperoleh bahwa data berdistribusi nonnal dari varians kedua kelas homogen. Uc.tuk data yretest rata-rata kelas eksperimen 37,7 dan kelas kontr‹›l 44.55 dengan menggunakan derajat kebebasan A—   0,05 diperoleh bahwa   r = —1,63   dan t,oba f           ——       2,0 0.     sehingga   nilai t hitung kecil dari t tabel yaitu -1,63 < 2,00, maka Ho diterima berarti tidak terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar dari kedua kelas tersebut. sedangkan uji t data postest tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar diantara kedua kelas eksperimen dan kontrol. selanjutnya diperoleh t hitung = 1,80 dan t tabel = 1,67 sehingga nilai t hitung > t tabel, maka Ho ditolak dan H1 diterima. Berarti bahwa terdapat perbedann diantara kcdtia kelas eksp-rimen dan kC•F1tro1. Kesim 11 all bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hast! belajar materna ika siswa yang menggunakan fien fi.s/ic Mathematics Education (RME) pada kelas eksperimer dan hasil belajar matematika dengan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-07-24
Section
Articles
Abstract viewed = 62 times
Download PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)